Minggu, 28 April 2024
Caca Kartiwa : Selasa, 28 November 2023 | 14:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Waktu liburan akhir tahun tak jarang bertepatan dengan datangnya musim hujan.

Melakukan traveling selama musim hujan dapat menjadi tantangan, namun dengan beberapa persiapan, pengalaman tersebut bisa menjadi unik dan menyenangkan.

Berikut adalah beberapa tips untuk berwisata saat musim hujan.

1. Siapkan barang-barang tahan air dan cepat kering
Melansir insuremytrip, sudah menjadi hal yang tak terhindarkan bahwa Anda akan basah, jadi bawa barang-barang yang dapat membantu menjaga barang bawaan dan diri Anda tetap kering di bawah hujan.

Tas anti air, payung lipat, dan casing ponsel tahan air beberapa contoh yang harus Anda persiapkan untuk traveling kala musim hujan.

2. Periksa prakiraan cuaca
Ini sangat penting jika Anda akan berada di jalan selama perjalanan. Daerah pegunungan rentan terhadap tanah longsor atau banjir lumpur selama hujan deras, sementara daerah rendah bisa terendam banjir.

Bijaklah untuk memantau berita untuk menghindari gangguan pada rencana perjalanan Anda.

3. Kenakan pakaian berlapis
Mengenakan pakaian berlapis dapat membantu Anda menyesuaikan diri dengan suhu. Kaos di bawah kemeja dengan sweater dan mantel hujan (yang dapat dilipat) adalah pilihan bijak selama perjalanan.

4. Membawa quick-drying clothing
Mengutip tripit, pakaian sintetis atau tahan air dapat membantu Anda tetap kering dan nyaman. Salah satunya handuk perjalanan yang ringan, compact, dan cepat kering untuk mengeringkan diri setelah kehujanan.

5. Bawa payung atau jas hujan
Jas hujan atau ponco adalah barang wajib untuk destinasi yang hujan. Pilih bahan yang tipis dan mudah dilipat agar tidak memakan banyak ruang di tas Anda.

Jas hujan akan jauh lebih efektif untuk melindungi Anda di tempat-tempat berangin di mana hujan bertiup dari semua arah. Sebagai perlindungan ekstra, payung lipat bisa Anda gunakan selama traveling.

6. Menginap di akomodasi dengan pengering
Beberapa hotel menawarkan layanan laundry, dan Anda juga dapat memfilter jenis fasilitas ini di Airbnb. Jangan lupa membawa tas laundry tahan air sebagai antisipasi.

7. Hindari street food
Kontaminasi air paling tinggi terjadi selama musim hujan, jadi hindari minum air dari sumber yang tidak dapat diandalkan dan hindari makanan jalanan.

 

 

BACA SELANJUTNYA

3 Tempat Staycation di Garut Cocok untuk Liburan Akhir Tahun