Sabtu, 27 April 2024
Caca Kartiwa : Rabu, 29 November 2023 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Bagi pecinta traveling mengunjungi objek ikonik di destinasi wisata menjadi hal yang wajib dilakukan, contohnya mendatangi Patung Liberty di Amerika Serikat.

Terletak di Pulau Liberty, New York City, New York 10004, Amerika Serikat, patung ini mencapai ketinggian 305 kaki (93 meter) termasuk piedestalnya.

Ide pembangunan patung muncul pada tahun 1865, berasal dari gagasan Édouard de Laboulaye dari Prancis untuk merayakan seratus tahun Deklarasi Kemerdekaan dan memperingati hubungan persahabatan antara Prancis dan Amerika Serikat.

Bartholdi memulai perancangan patung pada tahun 1870, konstruksinya dimulai di Prancis pada 1876, dan selesai pada 1884.

Pada tahun 1885, patung dibongkar dan dikirim ke Amerika Serikat, dan pembangunan piedestalnya diselesaikan setelahnya.

Patung ini diresmikan secara resmi oleh Presiden Grover Cleveland pada 28 Oktober 1886.

Pada tahun 1956, Pulau Bedloe diubah namanya menjadi Pulau Liberty melalui resolusi bersama di Kongres.

Ditetapkan sebagai Monumen Nasional pada 1924 dan Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1984.

Patung Liberty telah menjadi simbol kebebasan dan demokrasi Amerika Serikat, memberikan harapan bagi para imigran dan menjadi ikon sambutan.

Selama bertahun-tahun, beberapa perubahan dilakukan pada patung ini, termasuk konversi obor menjadi listrik pada tahun 1916 dan redesain dengan lapisan tembaga repoussé berlapis emas pada pertengahan tahun 1980-an.

Bagi Anda yang belum kesampaian traveling ke Amerika Serikat untuk melihat Patung Liberty, tak perlu khawatir karena Kabupaten Maluku punya "kembaran" patung tersebut.

Miniatur Patung Liberty di Negeri (Desa) Oma, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, telah menjadi tambahan menarik dalam panorama wisata desa tersebut. Dengan ketinggian sekitar tujuh meter, patung ini berdiri tegak di ujung dermaga pantai, memberikan daya tarik visual yang memukau.

Lokasi Miniatur Patung Liberty ini menjadi pusat perhatian setelah diresmikan pada Minggu (26/11/2023). Desa Oma, yang terletak di Pulau Maluku, kini memiliki destinasi wisata yang menarik perhatian wisatawan.

Patung ini tidak hanya menyuguhkan keindahan visual, tetapi juga memiliki makna mendalam bagi masyarakat setempat.

Berbeda dengan Patung Liberty di AS, yang memegan buku, figur di Maluku didesain memegang obor di tangan kanan dan tablet di tangan kiri dengan harapan menjadi simbol kemajuan dan semangat desa.

Dibangun di atas batu karang di pintu masuk desa, Miniatur Patung Liberty memberikan pengalaman unik bagi pengunjung.

Dari lokasi tersebut, wisatawan dapat menikmati panorama desa yang mempesona, menciptakan kesempatan ideal untuk mengabadikan momen indah dalam foto.

Selain kehadiran miniatur Patung Liberty, Desa Oma juga menawarkan daya tarik wisata lainnya, seperti air panas Sila dan mata air Asol.

 

BACA SELANJUTNYA

Viral! Aksi Unik Penumpang Tidur di Lantai Pesawat di Tengah Penerbangan Panjang