Senin, 29 April 2024
Caca Kartiwa : Rabu, 29 November 2023 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Pulau Jawa selatan kini menjadi rumah bagi keajaiban berupa gunung bawah laut yang baru diberi nama resmi, Jogo Jagad.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menyambut baik hal ini dan, menurutnya, akan menjadi sesatu yang menarik sebagai daya taris wisata Indonesia.

Ditemukan oleh Pusat Pemetaan Kelautan dan Lingkungan Pantai Badan Informasi Geospasial (PPKLP BIG) pada tahun 2022, Jogo Jagad resmi mendapatkan pengakuan dalam sidang ke-36 Sub Committee on Undersea Features Names (SCUFN) di Wollongong, Australia, pada November 2023 lalu.

Dalam acara Weekly Briefing with Sandi Uno, Sandiaga Uno menyambut baik pengesahan nama Jogo Jagad.

"Kami sambut dengan sangat bersyukur, karena ini akan menambah daya tarik dari para pecinta ekowisata mengenai fenomena The Ring of Fire di Indonesia," ucapnya di Gedung Sapta Pesona, Jakarta pada Senin (27/11/2023)

Menurut Sandiaga, keberadaan gunung bawah laut ini akan menjadi daya tarik utama bagi pecinta wisata alam.

"Nanti akan kita promosikan apalagi disahkannya di saat sidang internasional, itu yang menjadi kita bersama. Sukses spot-spot wisata kita jadi wisata kesejahteraan masyarakat," sambung ia.

Lokasi Jogo Jagad yang terletak sekitar 260 km dari selatan Kabupaten Pacitan, tepatnya di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, menambahkan nuansa keajaiban bawah laut di wilayah tersebut.

Dengan ketinggian sekitar 2.300 meter dari dasar laut dan kedalaman mencapai 6.000 meter, gunung ini memiliki garis tengah sekitar 10 km, menciptakan panorama yang menakjubkan di dasar lautan.

Dari permukaan air, puncak Jogo Jagad tampak menjulang tinggi sekitar 3-4 km. Dengan koordinat lintang 111.039 BT dan bujur 10.661 LS, keberadaannya menjanjikan pengalaman unik bagi para penggemar wisata alam, sementara diharapkan turut memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar yang terlibat dalam sektor pariwisata.

BACA SELANJUTNYA

Kisah Mistis Sendang Lele, Objek Wisata di Sukoharjo yang Bikin Merinding