Senin, 29 April 2024
Caca Kartiwa : Kamis, 30 November 2023 | 15:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Mercusuar Þrídrangaviti, yang dikenal sebagai Thridrangar Lighthouse, mungkin merupakan mercusuar paling terpencil di dunia dan pasti yang paling berbahaya untuk dijangkau.

Terletak di Selatan Islandia, Thridrangar Lighthouse berdiri di puncak batu laut tertinggi, terlihat dari sembilan mil laut, dan berada 34 meter di atas permukaan laut.

Tempat ini termasuk salah satu lokasi paling sulit di negara tersebut dan berada di lokasi menakjubkan di puncak tebing, dikelilingi oleh Samudra Atlantik.

Dibangun sebelum Perang Dunia II, bahan-bahan Thridrangar Lighthouse diangkut dengan pesawat dan dirakit secara manual oleh kru di tebing untuk meningkatkan keselamatan maritim.

Thridrangar Lighthouse terletak di Kepulauan Westman di Islandia, yang dikenal sebagai Vestmannaeyjar secara lokal. Kumpulan pulau ini terletak di lepas pantai selatan Islandia.

Mercusuar ini sendiri terletak di puncak batuan basalt setinggi 34 meter (120 kaki) sekitar 6 mil dari pantai, diterpa ombak Samudra Atlantik. Sebuah artikel pada tahun 2017 di Iceland Monitor mempertanyakan apakah ini mungkin 'mercusuar terisolasi paling di dunia'.

Karena lokasinya yang terpencil, Þrídrangaviti hanya dapat diakses dengan helikopter. Ada landasan helikopter di samping mercusuar, tempat tim pemeliharaan dapat mendarat ketika diperlukan.

Namun, tidak ada pagar pembatas dan hembusan kencang bisa menjatuhkan seseorang ke Samudra Atlantik dengan udah.

Untungnya, mercusuar ini terotomatisasi, dan dalam beberapa tahun terakhir, panel surya telah dipasang untuk menyuplai listrik pada lampu.

Thridrangar Lighthouse dibangun pada tahun 1938 dan saat itu segala sesuatunya harus dibawa dengan perahu.

Karena ombak tinggi, pengiriman bahan bangunan sangat berbahaya: tanahnya basah dan licin; angin kencang dan hujan deras memukuli pekerja.

Tim konstruksi berkemah di batu itu di antara shift, tetapi bahkan begitu, pembangunannya tetap memakan waktu tiga tahun untuk diselesaikan.

Karena lokasinya yang terpencil, tidak mungkin mengunjungi Thridrangar Lighthouse sebagai turis.

Namun, Anda dapat melihatnya secara virtual dengan pengalaman FlyOver Iceland. Ini adalah tur virtual di Islandia, dengan layar melingkar dan efek khusus.

Pada Februari 2021, sebuah band blues rock dari Islandia bernama Kaleo merekam video untuk single mereka 'Break My Baby' di landasan helikopter Þrídrangaviti. Single ini diambil dari album 'Surface Sounds' mereka.

Dan baru-baru ini YouTuber JStu, membuat konten menginap satu malam di mercusuar tersebut.

BACA SELANJUTNYA

Hallgrimskirkja: Simbol Keagungan Arsitektur Islandia yang Megah bak Film Fantasi