Selasa, 30 April 2024
Rendy Adrikni Sadikin : Sabtu, 06 April 2024 | 11:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Salah satu tradisi lebaran Idul Fitri yang ramai dilakukan juga mudik atau pulang kampung. Akrivitas itu telah menjadi tradisi turun-temurun yang dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia setiap jelang lebaran.

Tidak hanya sebagai ajang silaturahmi dan berkumpul dengan keluarga, momen mudik juga dijadikan kesempatan untuk rehat sejenak dari rutinitas dan kesibukan sehari-hari.

Kebanyakan orang bisa jadi mudik ke luar kota, luar provinsi, hingga luar pulau. Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya. 

Bila berencana untuk mudik dengan kendaraan pribadi, Tokopedia membagikan lima tips persiapan mudik yang lebih aman dan nyaman berikut ini.

1. Pastikan kendaraan pribadi dalam kondisi prima

ilustrasi mudik lebaran.[Freepik/freepik]

Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan kendaraan pribadi dalam kondisi prima. Lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap berbagai komponen penting seperti oli mesin, tekanan ban, air radiator, dan sistem rem.

Hal ini penting untuk meminimalkan risiko kecelakaan di jalan selama perjalanan mudik. Selain itu, jangan lupa untuk membawa buku servis dan dokumen kendaraan yang lengkap sebagai persyaratan standar berlalu lintas.

Untuk membuat perjalanan mudik menjadi lebih nyaman, masyarakat juga bisa menambahkan kasur mobil agar dapat istirahat dalam mobil saat berhenti di rest area. 

2. Siapkan uang tunai dan saldo kartu uang elektronik

Pembayaran digital semakin menjadi andalan masyarakat saat melakukan transaksi. Di sisi lain, ada baiknya tetap menyiapkan uang tunai cadangan dan memastikan saldo kartu uang elektronik tetap terisi untuk beberapa tempat selama perjalanan mudik.

“Masyarakat bisa dengan mudah mengisi saldo uang elektronik melalui fitur Top Up Uang Elektronik di Tokopedia kapan pun dan di mana pun. Setelah pembayaran sudah terverifikasi, jangan lupa update saldo uang elektronik dari aplikasi Tokopedia, ATM atau gerai retail terdekat,” saran Rizky.

3. Titipkan hewan peliharaan pada orang terdekat

Bila memiliki hewan peliharaan, maka ada baiknya melakukan persiapan apabila tidak ikut dibawa pulang mudik. Misalnya, titipkan hewan peliharaan di jasa penitipan hewan peliharaan di klinik atau pet shop terpercaya.

Pilihan lainnya, yaitu menitipkan ke orang terdekat untuk menjaga hewan peliharaan. Jangan lupa untuk menyiapkan obat-obatan, camilan kesukaan hewan peliharaan, dan produk perawatan kepada orang yang akan merawat hewan peliharaan selama mudik.

4. Siapkan perlengkapan untuk kejadian yang tidak terduga

Perjalanan mudik, baik yang dilakukan di darat maupun udara, membutuhkan kondisi fisik yang prima bagi pemudik. Bahkan, kondisi kendaraan prima juga sangat dibutuhkan bagi pemudik jalur darat.

Untuk menjaga kesehatan fisik pemudik, dianjurkan membawa kotak P3K berisi obat anti mabuk, obat diare, obat demam, serta antiseptik pembersih luka dan perban.

Sementara itu, untuk mengantisipasi kejadian tidak terduga pada kondisi kendaraan, siapkan perkakas seperti segitiga pengaman, dongkrak mobil, tang, serta kunci-kunci serep.

5. Pastikan Semua Perbekalan Cukup

Perbekalan lain yang juga penting seperti charger dan power bank agar daya baterai smartphone dan perangkat elektronik lainnya tetap terjaga agar pemudik bisa memanggil bantuan jika diperlukan. Juga keperluan perbekalan makanan dan minuman serta alat ibadah.

Untuk mengantisipasi perjalanan mudik yang panjang, siapkan makanan dan minuman secukupnya bagi sekeluarga. Bawalah makanan dan minuman yang tahan lama dan mudah dibawa, seperti roti, biskuit, buah-buahan dan air minum.

BACA SELANJUTNYA

Resep Nasi Kebuli Daging Sapi, Nikmat Dihindangkan saat Lebaran