Selasa, 30 April 2024
Rendy Adrikni Sadikin : Senin, 08 April 2024 | 11:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Buat kamu yang memilih mudik naik mobil, salah satu tantangan yang harus dihadapi adalah perjalanan panjang yang bisa bikin tubuh pegal.

Supaya mudik tetap nyaman, penting untuk melakukan hal-hal berikut sepanjang perjalanan. Salah satunya melakukan peregangan.

Mengutip dari video Kementerian Kesehatan, berikut beberapa tips peregangan yang dapat dilakukan di dalam kendaraan saat melakukan perjalanan mudik panjang.

Tips Peregangan Dalam Mobil

  • Menolehkan kepala ke kiri tahan dalam 8 hitungan;
  • Menolehkan kepala ke kanan tahan dalam 8 hitungan;
  • Angkat tangan sejajar dengan bahu, lalu tekuk pergelangan tangan ke atas selama 8 hitungan. Setelah tekuk ke atas, ulangi tekuk ke bawah.
  • Letakkan tangan kanan di paha kiri, sementara tangan kiri memegang kursi. Hadapkan badan ke kiri. Lakukan pada sisi sebaliknya, masing-masing tahan 8 hitungan.
  • Kedua tungkai kaki ditekuk ke atas lalu luruskan, masing-masing bisa ditahan 8 hitungan
  • Itu dia gerakan peregangan yang dapat dilakukan saat perjalanan mudik panjang naik mobil. Pergerakan ini dapat dilakukan 4 jam sekali selama perjalanan berlangsung. Dengan melakukan pergerakan ini dapat membantu tubuh terhindar dari cedera otot dan kram.

Jaga Kesehatan Selama Perjalanan

Selain menjaga agar otot tidak kaku dan pegal sepanjang perjalanan, penting juga selalu menjaga kesehatan. Berikut beberapa hal yang penting diperhatikan dalam menjaga kesehatan selama mudik.

  1. Melakukan persiapan fisik dengan melakukan cek kesehatan ke fasilitas kesehatan atau posko kesehatan terdekat sebelum melakukan perjalanan.
  2. Mengkonsumsi makanan sahur dan berbuka yang bersih dan bergizi.
  3. Menjaga kebersihan dan kesehatan diri dengan mencuci tangan menggunakan sabun/hand sanitizer sebelum makan serta menggunakan masker untuk menghindari virus dan polusi.
  4. Mengkonsumsi cukup buah dan sayur untuk menjaga stamina saat berkendara.
  5. Mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh.
  6. Mengendalikan stres dan emosi saat berkendara.
  7. Melakukan istirahat setelah 4 jam berkendara, serta melakukan peregangan.

BACA SELANJUTNYA

Rekomendasi 9 Tempat Wisata Religi di Indonesia, Cocok untuk Momen Libur Lebaran