Selasa, 30 April 2024
Rima Sekarani Imamun Nissa : Rabu, 10 April 2024 | 11:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Libur Lebaran bisa jadi momen yang tepat untuk mengunjungi destinasi wisata religi. Tak hanya ajang rekreasi, tetapi juga bisa menambah keimanan wawasan agama.

Ada banyak destinasi wisata religi di Indonesia yang direkomendasikan Archipelago. Dilansir dari Suara.com, berikut daftarnya.

1. Masjid Jami Aulia Pekalongan

Ini adalah salah satu masjid tertua dan bersejarah di Pekalongan. Daya tarik utamanya adalah Al-Quran terbesar yang berukuran 2x2,3 meter.

Nikmati apiknya perpaduan budaya Jawa, Tionghoa, Arab, dan Belanda di Kota Semarang, tepatnya di Masjid Agung Jawa Tengah. Semarang sendiri merupakan tempat berdirinya Kerajaan Demak yang meninggalkan situs bersejarah dengan kekayaan budaya dan spiritual.

3. Sultan Muslim Pertama Banjarmasin

Masjid Sultan Suriansyah termasuk bangunan ikonik bersejarah di Banjarmasin. Masjid ini dibangun pada 1550 dan dinamai sesuai dengan Sultan Muslim pertama Banjarmasin. 

4. Masjid Gua di Cilacap

Masjid Batu Taman Hati dibangun dalam gua oleh seorang seniman tahun 2009. Cilacap juga punya banyak obyek wisata indah lainnya untuk dikunjungi, termasuk Bukit Selok, Bukit Srandil, dan Pantai Srandil.

5. Masjid Ikonik di Solo

Setidaknya terdapat dua masjid yang sangat terkenal, yaitu Masjid Syeikh Zayed Solo dan Masjid Agung Keraton Solo. 

6. Masjid Pintu Seribu Malang

Masjid menawan ini juga bisa dikunjungi saat libur Lebaran. Masjid Pintu Seribu Malang menawarkan momen kedamaian di tengah hiruk-pikuk kota.

7. Alquran Akbar Palembang

Jalan-jalan ke Palembang, jangan lewatkan Alquran Akbar. Monumen yang menampilkan keindahan seni Islam ini berada di dalam Museum Bayt Al-Quran Al-Akbar.

8. Masjid 99 Kubah

Destinasi wisata religi populer ini terletak di Makassar. Punya desain menakjubkan, masjid terbesar di Makassar dikatakan mampu menampung 13 ribu jamaah sekaligus.

9. Ziarah makam Wali Songo

Saat berwisata ke Gresik, kamu bisa mendatangi makam Wali Songo yang berjuang menyebarkan agama Islam di wilayah Jawa pada abad ke-15.

BACA SELANJUTNYA

Cara Daftar Program Mudik Gratis 2024, Jangan Sampai Kelewatan!