Senin, 29 April 2024
Rima Sekarani Imamun Nissa : Jum'at, 12 April 2024 | 10:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Libur Lebaran adalah momen yang tepat untuk wisata religi. Lebih dari sekedar liburan, mengunjungi obyek wisata religi juga bisa menambah wawasan agama sekaligus mempelajari sejarah.

Salah satu destinasi yang menarik dikunjungi adalah Solo, Jawa Tengah. Melansir Suara.com, ada beberapa obyek wisata religi yang direkomendasikan.

1. Masjid Raya Sheikh Zayed

Masjid Raya Sheikh Zayed diresmikan pada Februari 2023. Begitu dibuka untuk umum, tempat ibadah ini berhasil mencuri atensi publik dengan arsitekturnya yang begitu megah.

Punya luas bangunan sekitar 8.000 meter persegi, Masjid Raya Sheikh Zayed mampu menampung 10 ribu hingga 15 ribu jamaah.

Ada di kompleks Dalem Kalitan milik Ibu Tien Soeharto, Masjid Dalem Kalitan mempunyai sejarah panjang. Masjid ini mulanya dibangun Pakubuwono X dari Keraton Kasunanan pada sekitar tahun 1786.

Kompleks masjid dibangun lengkap dengan rumah joglo dan pendapa, kemudian dihibahkan pada Kanjeng Gusti Ratu Alit tahun 1965. Sejak itu, bangunan ini dikenal sebagai Dalem Kalitan.

3. Masjid Agung Keraton Surakarta

Berwisata ke wilayah Keraton Kasunanan Surakarta, tak lengkap tanpa beribadah di Masjid Agung Keraton Solo. Dibangun pada 1763, masjid ini memiliki peran penting dalam persebaran ajaran Islam di Jawa.

4. Masjid Al Wustho Mangkunegaran

Salah satu masjid tertua di Solo ini awalnya hanya untuk keluarga kerajaan, tetapi seiring waktu mulai dibuka untuk umum. Keunikannya terletak pada arsitektur bangunan yang mengombinasikan kebudayaan Jawa dan Eropa.

5. Masjid Jami Assegaf

Lokasi Masjid Jami Assegaf ada di perkampungan Arab, tepatnya area Pasar Kliwon. Sudah pernah berkunjung ke obyek wisata religi satu ini?

BACA SELANJUTNYA

Menjelajahi Laut di Spot Diving Terbaik Dunia, Perhatikan Keselamatan!