Jum'at, 05 Juli 2024
Rendy Adrikni Sadikin : Rabu, 26 Juni 2024 | 14:53 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Liburan sekolah adalah waktu yang tepat untuk mengajak keluarga berlibur dan menikmati keindahan alam.

Jawa Tengah, dengan kekayaan alamnya yang luar biasa, menawarkan berbagai pilihan wisata air terjun yang menarik untuk dikunjungi. Berikut 5 rekomendasi air terjun di Jawa Tengah yang cocok untuk mengisi liburan sekolah:

1. Air Terjun Jumog, Karanganyar

Air Terjun Jumog (Instagram.com/@wisatajumog)

Terletak di Tawangmangu, Karanganyar, Air Terjun Jumog terkenal dengan panorama alamnya yang indah dan asri. Pengunjung dapat menikmati kesegaran air terjun yang jatuh dari ketinggian 12 meter, serta berenang di kolam alami yang menyegarkan. Fasilitas yang ditawarkan di air terjun ini adalah. Area parkir, warung makan, toilet dan mushola. 

2. Grojogan Sewu, Karanganyar

Grojokan Sewu, Tawangmangu, Jawa Tengah. (Dok. Solopos.com)

Masih di Tawangmangu, Grojogan Sewu merupakan salah satu air terjun paling populer di Jawa Tengah. Air terjun ini memiliki ratusan aliran air yang jatuh dari ketinggian 81 meter, sehingga menghadirkan pemandangan yang spektakuler. 

Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun dari berbagai sudut pandang, serta mencoba berbagai wahana permainan yang tersedia. Apalagi fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap meliputi area parkir, warung makan, toilet, mushola dan taman bermain. 

3. Curug Cipendok

Curug Cipendok di Baturaden, Banyumas. [Instagram/curugcipendok.official]

Terletak di Baturaden, Banyumas, Curug Cipendok menawarkan suasana yang tenang dan alami. Pengunjung dapat menikmati air terjun yang jatuh dari ketinggian 92 meter, serta berenang di kolam alami yang jernih. Di sekitar air terjun, terdapat berbagai spot foto menarik dengan pemandangan alam yang indah.

4. Air Terjun Sikopel

Pesona Curug Sikopel, Desa Babadan, Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia. [Instagram/pesonaairterjunindonesia]

Berada di Wanayasa, Banjarnegara, Air Terjun Sikopel terkenal dengan julukan "Niagara Mini Jawa Tengah". Air terjun ini memiliki ketinggian 80 meter dan lebar 30 meter, sehingga menghadirkan pemandangan yang megah. 

Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun dari gardu pandang, serta mencoba berbagai wahana permainan dan aktivitas outdoor yang tersedia. Fasilitasnya tergolong lengkap mulai dari area parkir, warung makan, toilet, mushola, taman bermain hingga flying fox.

5. Curug Lawe

Suasana Curug Lawe. [Dok Instagram/@curuglawe]

Curug Lawe menawarkan suasana yang alami dan masih asri. Pengunjung dapat menikmati air terjun yang jatuh dari ketinggian 40 meter, serta berenang di kolam alami yang menyegarkan. Di sekitar air terjun, terdapat berbagai spot foto menarik dengan pemandangan alam yang indah. Lokasi curug ini ada di Batang, Jawa Tengah.

Demikian informasi mengenai 5 air terjun di Jawa Tengah, yang cocok dikunjungi ketika libur sekolah. Semoga menginspirasi dan selamat berlibur. 

BACA SELANJUTNYA

Menjelajahi Laut di Spot Diving Terbaik Dunia, Perhatikan Keselamatan!