Sabtu, 04 Mei 2024
Rendy Adrikni Sadikin | Arendya Nariswari : Sabtu, 28 Juli 2018 | 13:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Pameran Perupa Muda (PAPERU) yang menjadi salah satu program dari FKY 30, 27 Juli 2018, resmi dibuka. Berlokasi di Planet Piramyd Jalan Parangtritis Bantul, pembukaan acara PAPERU berlangsung meriah.

Pembukaan PAPERU kali ini ditandai dengan bersama-sama memukul satu unit mobil yang jadi bagian dari pameran dengan palu.

Pemukulan mobil dengan palu, dilakukan oleh Arsita Pinandita, selaku Koordinator dari acara PAPERU beserta rekan-rekan panitia lainnya seperti Arham Rahman selaku Kurator PAPERU dan Hendra Blangkon sebagai Direktur Seni.

Karya-karya yang ada di PAPERU FKY 30/Official Dok FKY 30

Mengusung tema "CahCakCek", PAPERU ingin memunculkan atau megakomodasi berbagai karya yang acap kali dipinggirkan. Biasanya karya ini dianggap oleh beberapa orang sebagai praktisi artistik yang tidak masuk ke dalam kategori high art.

Selain itu pada FKY 30 kali ini, PAPERU ingin menunjukan keluwesan medium artistic yang telah banyak berkembang belakangan ini. PAPERU juga memiliki keinginan untuk membangun aktivasi ruang melalui site specifict object oleh 3 komunitas seni, bursa 33 seniman dan pameran oleh 30 seniman Kabupaten Kota DIY.

Karya-karya yang ada di PAPERU FKY 30/Official Dok FKY 30

Demi mewujudkan kerja kolaboratif yang diharapkan, PAPERU FKY 30 kali ini menggandeng Indonesia Sketcher, Ruang Mess 56 dan seni grafiti yang tergabung dalam Yogyakarta All Star. Tak hanya pameran, PAPERU FKY 30 memiliki banyak kegiatan yang berkaitan dengan seni diantaranya ada Lomba dan Workshop.

Untuk kegiatan lomba, kali ini PAPERU FKY 30 mengadakan kompetisi membuat komik strip yang diperuntukan khusus untuk anak-anak.

Workshop Paperu oleh Mess 56/Official Dok FKY 30

Sementara itu, untuk Workshop PAPERU FKY 30 mengadakan dua kelas workshop berbeda di setiap harinya. Untuk teman-teman yang tertarik mengikuti workshop, kalian bisa datang di sesi pertama yang berlangsung mulai pukul 15.00-18.00 atau sesi kedua pada pukul 18.00-21.00.

Kegiatan lain berupa Diskusi Seni juga turut menjadi rangkaian PAPERU FKY 30 tahun ini. Di sini para seniman muda akan diajak berdiskusi mengenai retrospeksi atas Pameran Perupa Muda yang telah ada sejak periode 2014-2017.

BACA SELANJUTNYA

5 Potret yang Bikin Kamu Susah Move On dari Pasar Malam Sekaten