Senin, 29 April 2024
Rendy Adrikni Sadikin | Aditya Prasanda : Jum'at, 10 Agustus 2018 | 16:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Warga Lombok masih berbenah paska gempa berkekuatan 7 Skala Ritcher (SR) mengguncang kota Seribu Masjid tersebut.

Ketakutan warga setempat belum reda paska gempa besar meluluh lantahkan seluruh kota. Terakhir, warga dirundung panik saat gempa susulan berkekuatan 6,2 Skala Ritcher (SR) kembali mengguncang Lombok, Kamis (9/8/2018) sekitar pukul 12.25 WIB.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Rabu (8/8/2018) merilis data terbaru, total korban meninggal dunia 131 orang di beberapa daerah. Sementara 1.477 orang mengalami luka berat.

Di beragam kegiatan, di media sosial, di perempatan jalan, seluruh Indonesia bahu membahu menyalurkan dana bantuan untuk korban gempa Lombok.

FKY galang dana untuk korban gempa lombok (instagram/festivalkesenianyogyakarta)

Tak terkecuali perhelatan terakbar di kota gudeg, Festival Kesenian Yogyakarta.

Beberapa hari jelang malam penutupan, FKY 30 mengumumkan penggalangan dana untuk korban gempa Lombok.

Sejumlah kotak donasi disebar pada beberapa titik area Pasar Seni FKY 30.

Hingga malam penutupan Kamis (9/8/2019) penggalangan dana bertajuk '#FKY30 Peduli Gempa Lombok #gugurgunung' tersebut berhasil mengumpulkan dana total Rp 27.217.800.

Panggung FKY 30 disesaki para penampil di malam puncak (guideku.com/adit)

Malam penutupan pun terkesan spesial dengan Konser Gugur Gunung yang menampilkan tiga penampil kawakan Yogyakarta: Jogja Hiphop Foundation (JHF), Endank Soekamti dan Shaggydog.

Dalam rilisnya, Konser Gugur Gunung yang terselubung dalam malam penutupan FKY 30 merupakan wujud kepedulian dari seniman dan masyarakat Jogja pada korban gempa Lombok.

Uang yang terkumpul pun akan segera disalurkan langsung oleh Tim Gugur Gunung yang terdiri dari dedengkot JHF, Marzuki Muhammad dan Sekber Pecinta Alam Yogyakarta.

BACA SELANJUTNYA

Digelar 18 Hari, Stan Kuliner FKY 30 Raup Omset Miliaran Rupiah