Kamis, 28 Maret 2024
Dany Garjito : Selasa, 20 November 2018 | 11:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Ridwan Kamil resmikan GenPi Jawa BaratGenerasi Pesona Indonesia (GenPI) wilayah Jawa Barat resmi berdiri, Sabtu (17/11/2018). 

Peresmian dilakukan Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil berbarengan dengan Festival Gedung Sate 2018.

Pada kesempatan itu ia berpesan kepada GenPI Jawa Barat dan generasi milenial untuk terus menguasai teknologi.

''Ekonomi masa depan adalah ekonomi digital. Siapa saja yang tidak paham digital, pasti ketinggalan zaman. Komunitas seperti GenPI dibutuhkan Jawa Barat untuk pariwisata. Sektor lain juga harus ada,'' kata Kang Emil seperti dikutip Guideku.com dari Suara.com.

Oleh karena itu, ia berkomitmen membangun tempat khusus sebagai sarana kreativitas anak muda. Termasuk GenPI yang rencananya akan dibangun di setiap kabupaten dan kota di Jawa Barat.

''Nanti ada wadah untuk generasi milenial. Kita akan membuat satu creative center di setiap kota dan kabupaten di Jabar. Seperti yang sekarang ada di Bandung. Sehingga setiap ada kreasi anak muda ada satu gedung yang dapat menampung kreativitas mereka,'' ujar Ridwan Kamil yang biasa disapa Kang Emil.

Menurut Kang Emil, creative center dapat menjadi solusi. Bukan hanya masalah eksistensi anak muda, tapi juga dapat membantu menyejahterakan mereka.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil resmikan GenPI Jabar, Sabtu (17/11/2018). (Dok: Kemenpar)

''Kalau punya nilai ekonomi bisa membantu menyejahterakan mereka, konsep negara memfasilitasi creative center ini Insya Allah menjadi unggulan bagi para milenial. Saya yakin inilah cikal bakal kemajuan ekonomi kreatif anak muda di Indonesia,'' ujar mantan dosen ITB ini.

Koordinator GenPI Jawa Barat, Ghera Nugraha mengungkapkan kebanggaannya dengan peresmian tersebut. Menurutnya, GenPI telah menjadi komunitas yang memiliki peran membantu dan berkerjasama mempromosikan pariwisata Indonesia, salah satunya di Jawa Barat.

Ghera melanjutkan peresmian GenPI di 15 kawasan Jawa Barat ini merupakan momen yang tepat. Momen untuk membuktikan bahwa pariwisata adalah lokomotif Provinsi Jawa Barat.

''Sejak awal, GenPI Jawa Barat berkomitmen menjadi komunitas terdepan mempromosikan pariwisata Jawa Barat,'' jelas Ghera.

Sebelumnya Menteri Pariwisata, Arief Yahya menyampaikan manfaat GenPI bagi Jabar pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Jawa Barat, Selasa 13 November 2018 lalu.

''Tugas CEO (Bupati, Walikota dan Gubernur) paling mendasar adalah memberikan arah dan mengalokasikan sumber daya, baik budget maupun manusia. Sumber daya anak-anak milenial (GenPI) ini harus diberdayakan semaksimal mungkin,'' katanya.

Apalagi, Jabar sudah punya bandara baru, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati menyusul kemudian dua Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sukabumi (Cikidang) dan Pangandaran.

''Harus ada promosi secara masif di dunia digital agar pariwisata Jabar maju pesat. Sebab sudah ada Bandara Kertajati dan sebentar lagi ada 2 KEK. Dan anak-anak milenial seperti GenPI ini sangat menguasai dunia digital,'' papar Arief.

Gedung Sate Festival 2018 sendiri menghadirkan berbagai kemeriahan mulai  bazar, lomba foto Instagram, dan Lomba Kostum.

Gedung Sate Festival 2018 juga diramaikan oleh penampilan berbagai artis dan musisi di antaranya T-Five, Angsa dan Srigala serta pedangdut Via Vallen.

Mantap Kang Emil!

SUARA.com/MN Yunita

Artikel ini sudah dimuat di SUARA.com dengan judul: Dongkrak Pariwisata, Ridwan Kamil Resmikan GenPI Jabar

BACA SELANJUTNYA

Lomba Arung Jeram Nasional Digelar di Kulon Progo, Total Hadiah Rp109 Juta