Senin, 22 April 2019
Galih Priatmojo | Amertiya Saraswati : Sabtu, 09 Februari 2019 | 13:00 WIB

Guideku.com - Kata marathon biasanya identik dengan perlombaan lari di track yang sudah ditetapkan. Namun, lain halnya dengan marathon paling ekstrem yang diadakan di Estonia ini.

Diadakan setiap tahunnya pada bulan terdingin, marathon ini dinamai European Sauna Marathon. Peserta diharuskan ikut marathon pada temperatur sekitar -6 derajat Celcius.

Yang membedakan dari marathon biasa, peserta di marathon ini diharuskan untuk berlari dari satu tempat mandi ke tempat mandi lainnya.

Yup, seperti dikutip dari Insider, pos-pos marathon tersebut terdiri dari kolam air es, ruang sauna, dan bak kayu berisi air panas.

Ilustrasi Sauna (Pixabay/nkaminetskyy)

 

European Sauna Marathon ini sendiri rupanya adalah tradisi yang sudah berlangsung selama satu dekade silam.

Untuk mengikuti kompetisi ini, peserta harus membentuk tim yang terdiri dari 4 orang dan membayar uang sebesar 70 euro atau

Nggak tanggung-tanggung, beberapa kompetitor bahkan jauh-jauh datang dari Jepang, Meksiko, hingga Selandia Baru lho.

Di pertandingan ini, peserta yang hanya menggunakan baju renang diharuskan untuk mengunjungi 19 pemberhentian yang ada.

Untuk setiap pemberhentian, mereka harus menghabiskan 3 menit di sauna, lalu mandi di kolam air panas, sebelum akhirnya masuk ke kolam es.

Ilustrasi Kolam Air Es (Pixabay/seregei)

 

Walau kedengarannya ekstrem karena harus berpindah dari suhu panas ke dingin secara langsung, tapi penelitian ternyata membuktikan kalau praktek marathon ini punya manfaat kesehatan.

Dikatakan, mereka yang mengikuti marathon ini dapat memiliki tekanan darah yang lebih baik dan lebih terhindar dari penyakit jantung.

Sementara, hadiah dari marathon ini sendiri adalah kesempatan berendam di kolam air panas pribadi untuk peserta yang beruntung.

Gimana, kira-kira kamu berani nggak nyobain marathon ekstrem satu ini?