Sabtu, 27 April 2024
Arendya Nariswari : Selasa, 23 Agustus 2022 | 10:18 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Membuat laporan keuangan kini Anda pasti akan membutuhkan aplikasi akuntansi. Berbagai aplikasi akuntansi pun menawarkan kelebihannya. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, tentu pekerjaan pencatatan laporan keuangan akan lebih mudah, cepat dan efisien. Namun sebenarnya, seperti apakah laporan keuangan itu?

Dalam pengertian yang sederhana, laporan keuangan dibuat untuk mengetahui kondisi dan kinerja perusahaan dalam suatu periode tertentu. Dengan dibuatnya laporan keuangan, maka maka manajemen dan pemimpin perusahaan memiliki data-data yang aktual perihal kondisi prusahaan. Tanpa adanya laporan keuangan, maka bisa dibayangkan kesulitan manajemen dan pemimpin perusahaan dalam menganalisis apa yang terjadi.

Namun, masih disayangkan beberapa perusahaan yang baru berkembang kurang memperhatikan betapa pentingnya laporan keuangan untuk keberlangsungan bisnis mereka. Padahal, dengan mencatat transaksi atau laporan keuangan ini, Anda bisa menganalisis bagaimana rencana kedepan untuk bisnis Anda.

Maka, sebaiknya Anda sudah mulai merancang membuat laporan keuangan dengan aplikasi akuntasi sedari awal agar kedepannya tidak terasa berat. Bisa dibayangkan bukan jika bisnis Anda sudah semakin berkembang, banyak transaksi hingga stok dan dana bertambah, maka Anda harus semakin mudah dalam mengaturnya. Untuk itulah, Anda membutuhkan rancangan laporan keuangan aplikasi akuntansi.

Secara ideal, saat Anda memiliki bisnis maka dibutuhkan pembukuan usaha. Pembukuan atau pencatatan keuangan ini harus dilakukan dengan berkelanjutan, dimana terdapat pencatatan harta, kewajiban, biaya, modal, dan penghasilan juga pendapatan. Maka dari itu, melalui pembukuan usaha ini, maka Anda bisa memantau hingga mengevaluasi kondisi keuangan usaha.

Namun, masih disayangkan sedikitnya kesadaran beberapa pelaku usaha menyadari betapa pentingnya laporan keuangan dengan aplikasi akuntasi. Pekerjaan ini bisa terasa sangat rumit jika tidak ada bantuan aplikasi akuntansi, untuk itu, sangat penting mulai mempertimbangkan aplikasi akuntansi yang cocok untuk kebutuhan bisnis Anda. Salah satu yang sangat ideal untuk berbagai bisnis adalah Jurnal by Mekari.

Manfaat Software Akuntansi untuk Bisnis

Software akuntansi memiliki banyak manfaat, beberapa manfaat software akuntansi adalah sebagai berikut :

  • Menghemat waktu

Manfaat software akuntansi pertama ialah memudahkan pekerjaan pengelola keuangan perusahaan, sehingga Anda bisa lebih menghemat waktu dan memanfaatkan sisa waktu berlebih untuk mengejar target pekerjaan lainnya.

Sebagai contoh, pekerjaan seperti membuat invoice untuk pelanggan, deposito bank, menulis cek, dan membuat laporan keuangan dapat dilakukan sekaligus dalam waktu yang lebih singkat.

  • Akurasi lebih maksimal

Proses akuntansi bisa jadi amat panjang dan rumit, sehingga ketelitian sangat diperlukan untuk menghindari salah perhitungan. Input data maupun perhitungan secara terkomputerisasi dapat meminimalisasi kesalahan manusia. Terlebih, algoritma dalam software akuntansi sudah disesuaikan dengan model standar yang meminimalisasi risiko kesalahan.

  • Menghemat biaya operasional

Manfaat software akuntansi juga memangkas biaya operasional. Dengan efisiensi waktu, perusahaan tak perlu membayar lembur karyawan atau membayar gaji tambahan untuk mempekerjakan pengelola keuangan outsourcing.

Selain itu, perusahaan juga tak perlu mengeluarkan biaya pencetakan dokumen karena seluruh data dapat disimpan dan diakses secara digital.

  • Membantu pengelolaan arus kas

Manfaat software akuntansi lainnya ialah dapat mencatat pengeluaran dan pemasukan dengan tepat, sehingga dapat membantu menganalisis arus kas Anda. Segala utang dan piutang pun dapat dicatat sehingga Anda membantu Anda menjadi alat perencanaan ke depan untuk mengatur pengeluaran Anda. Dengan begitu, pengelolaan arus kas perusahaan dapat berjalan dengan lancar.

  • Monitoring data keuangan real time

Software akuntansi dapat memberitahukan posisi keuangan perusahaan secara realtime, tak perlu menunggu periode pembukuan yang biasanya dilakukan setiap bulan atau akhir tahun.

Laporan keuangan yang mendalam dapat Anda ketahui secara terus-menerus kapan pun Anda mau. Anda dapat selalu memantau posisi keuangan berbekal data realtime tersebut.

Jenis Software Akuntansi

Software akuntansi adalah aplikasi yang memang dirancang khusus untuk membantu dan meringankan pekerjaan bagian keuangan dalam mengelola hal-hal yang berhubungan dengan akuntansi. Ada 3 jenis software akuntansi yang umum digunakan oleh bagian keuangan perusahaan, di antaranya:

  • Software Akuntansi Custom

Software akuntansi custom (customize) adalah aplikasi akuntansi yang dirancang berdasarkan keinginan perusahaan dengan vendor IT melalui perjanjian dan prosedur tertentu.

Kelebihan dari software ini adalah dapat disesuaikan dengan proses bisnis dan sistem operasional yang dijalankan oleh perusahaan yang bersangkutan. Sementara itu, kekurangannya adalah membutuhkan waktu yang cukup lama untuk merancangnya dan tidak diperjualbelikan secara bebas.

  • Software Akuntansi Offline

Software akuntansi offline (desktop) adalah aplikasi akuntansi yang terpasang di komputer dengan cara menginstalasinya terlebih dahulu sebelum digunakan. Software ini sangat cocok digunakan oleh akuntan yang selalu berada di kantor atau jarang melakukan perjalanan bisnis.

Kelebihan dari software ini adalah dalam pengoperasiannya, software ini tidak membutuhkan jaringan internet sehingga Anda tetap dapat meng-input data. Data-data yang ada akan dan sudah tersimpan di dalam harddisk internal. Selain itu, performa software akan semakin baik jika dipasangkan di komputer yang memiliki spesifikasi tinggi.

Sementara itu, software akuntansi offline juga memiliki kekurangan, seperti tidak dapat diakses untuk jarak jauh. Kalaupun dapat diakses, Anda harus melakukan pengaturan yang cukup rumit terlebih dahulu, mengirimkan data-data yang diperlukan via email, atau mentransfernya ke flashdisk yang rentan mengalami masalah. Selain itu, software ini juga tidak dapat di-share secara bebas karena vendor sudah menguncinya dengan nomor seri yang berbeda antara program yang satu dengan program yang lain untuk setiap komputer.  

  • Software Akuntansi Online

Software akuntansi online (web based) adalah aplikasi akuntansi yang tidak perlu diinstalasi di komputer sebelum digunakan. Software ini sangat cocok digunakan oleh akuntan yang sering melakukan perjalanan bisnis.

Rekomendasi Aplikasi Akuntansi Terbaik

Jurnal by Mekari merupakan software akuntansi online dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Jurnal by Mekari adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Jurnal by Mekari hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Dengan menggunakan Jurnal by Mekari, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya. Jurnal by Mekari bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet.

Menggunakan software akuntansi ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan. Jadi, Jurnal by Mekari menjadikan pembuatan laporan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time.

Kelebihan Aplikasi Pembukuan Jurnal by Mekari

Jika Anda menggunakan aplikasi akuntansi Jurnal by Mekari, maka berikut kelebihannya:

  • Pengelolaan Persedian Lebih Mudah

Fitur yang terdapat pada Jurnal by Mekari mampu membantu Anda untuk mendapatkan stock opname, melacak penjual dari setiap barang, mencetak kartu stok hingga mengetahui keuntungan penjualan per barang. Dengan begitu, Anda tidak perlu dipusingkan dengan banyaknya persediaan yang masuk hingga perhitungannya.

  • Mengelola Pembayaran Hutan Piutang

Aplikasi akuntansi ini mampu memudahkan Anda selaku penggunanya untuk mengelola piutang usaha, membuat surat taguhan dan mencetak laporan umur piutang. Anda cukup memilih nama pemasok, jumlah yang dibayar, nomor faktur maka catatan pembayaran tagihan dari pemakun akan terekam secara otomatis.

Pada aplikasi Jurnal, pekerjaan Anda bisa terbantu dalam banyak hal termasuk pembayaran yang harus dilakukan, dimana Anda dapat keuntungan berikut:

  • Waktu dan tenaga lebih hemat untuk memantau pembayaran dari vendor
  • Efektifitas meningkat dengan entry data yang cepat dan tepat
  • Mampu mengelola pengeluaran secara efisien
  • Mampu memonitor kondisi keuangan kapanpun dan dimanapun
  • Ada Grafik Analisa Keuangan yang Terpadu

Menggunakan Jurnal sebagai aplikasi akuntansi Anda tentu akan jauh memudahkan pekerjaan pembukuan akuntansi. Kemudahan itu bisa didapat dalam hal proyeksi kas, penjualan, grafik neraca, laba ruhi, analisa BEP hingga resiko keuangan yang dipakai sebagai dasar untuk pengambilan keputusan manajerial. Laporan-laporan yang terdapat dalam aplikasi Jurnal by Mekari bisa diekspor kedalam berbagai format, seperti MS Excel, MS Word, HTML dan PDF.

  • Akses Kapanpun & Dimanapun

Jurnal sudah menggunakan cloud system, dimana penggunanya bisa mengakses aplikasi akuntansi ini di manapun dan kapanpun. Anda mampu melakukan pembukuan secara real time, sehingga tidak perlu lagi khawatir lupa untuk mengecek keuangan Anda dengan aplikasi ini. Ini menjadi keunggulan yang pasti akan Anda butuhkan terlebih lagi jika bisnis Anda mulai berkembang dan kesibukan dalam keuangan bisnis makin banyak.

Menariknya, Jurnal by Mekari telah memiliki keamanan berstandar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin. Selain itu, Jurnal memiliki banyak fitur di dalamnya seperti:

  1. Fitur pembelian di mana di dalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap
  2. Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis.
  3. Cash link.
  4. Pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya.
  5. Manajemen Stok

Bagaimana beberapa fitur yang ada pada software akuntansi online dari Jurnal. Tentu saja kemudahan sangat bisa anda dapatkan dari satu program akuntansi untuk semua kebutuhan bisnis anda. Terlebih sistem sudah dicatat secara otomatis sehingga sangat akurat dan tepat waktu. Jurnal by Mekari juga merupakan penyedia aplikasi akunting yang sangat profesional dengan lebih dari 20.000 pelanggan yang sudah mempercayakan pembelian aplikasi pada Jurnal.

Jika Anda tertarik dengan aplikasi accounting dari Jurnal, tetapi masih belum yakin membeli paket aplikasinya, Anda bisa mencoba program free trial selama 14 hari dari Jurnal yang bisa di unduh secara gratis. Informasi yang lengkap mengenai detail, layanan, jasa dan lain sebagainya mengenai Jurnal ini, anda dapat menghubungi kami di Jurnal by Mekari.

BACA SELANJUTNYA

Aplikasi Pembukuan Keuangan: Pengertian dan Manfaatnya