Rabu, 24 April 2024
Dany Garjito | Arendya Nariswari : Senin, 23 Juli 2018 | 12:50 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Surabaya merupakan ibu kota Provinsi Jawa Timur yang didaulat menjadi kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Memiliki luas wilayah kurang lebih 350,54 meter persegi, Kota Pahlawan ini punya banyak tempat wisata dan kuliner yang beragam lho.

Nggak heran kalau kota ini juga termasuk dalam salah satu destinasi wisata favorit para turis lokal dan mancanegara. Bicara tentang wisata, kota ini juga punya banyak oleh-oleh khas Surabaya yang wajib untuk kamu bawa pulang.

Selain punya cita rasa yang khas, oleh-oleh Surabaya ini ada yang sudah ada sejak zaman tempo dulu. Nggak cuma itu, oleh-oleh dari Surabaya ini terkenal memiliki kemasan yang unik dan harganya yang terjangkau.

Untuk teman-teman yang masih bingung, liburan ke Surabaya mau beli oleh-oleh khas apa, berikut Guideku.com punya daftar singkatnya khusus buat kalian.

1. Siropen Telasih

Siropen Telasih/Instagram @disurabaya.id.

Sirup yang satu ini benar-benar legendaris lho guys. Telah ada sejak zaman Belanda di tahun 1923, sirup ini masih jadi idola masyarakat Indonesia. Botol kemasan dari Siropen Telasih ini juga unik, karena berbentuk seperti botol Wine.

Pabrik Siropen Telasih ini merupakan pabrik sirup pertama di Indonesia lho, teman-teman. Terdiri dari delapan jenis rasa, Siropen Telasih JC Van Drongelen ini bisa kamu beli dengan harga Rp 23 ribu per buah.

2. Almond Crispy Cheese

Almond Crispy Cheese Wisata Rasa/Instagram @nitip_surabaya.

Cookies yang satu ini, memang lagi hitz di kalangan pecinta jajanan lokal. Meskipun tergolong baru, oleh-oleh yang satu ini termasuk khas dan asli Surabaya, lho.

Almond Crispy Cheese yang satu ini terbuat dari bahan-bahan pilihan seperti telur, gula pasir, butter, tepung terigu, almond dan keju.

Bagi para pecinta cookies, kalian bisa mendapatkan Almond Crispy Cheese di berbagai toko oleh-oleh di Surabaya dengan harga mulai dari Rp 45 ribu, tergantung merk dan rasa yang kamu pilih.

Almond Crispy Cheese sendiri memiliki banyak varian rasa, mulai dari coklat sampai greentea bisa kamu coba.

3. Sambal Bu Rudy

Sambal Bu Rudy/Instagram @christabellenanetta.

Buat para pecinta sambal, kalian wajib beli oleh-oleh khas Surabaya yang satu ini. Meskipun banyak pesaing, sambal Bu Rudy yang satu ini terkenal punya cita rasa khas yang tidak dimiliki oleh sambal-sambal kemasan lainnya.

Bikin orang ketagihan, Sambal Bu Rudy ini kini tersedia dalam berbagai pilihan rasa yang wajib kamu cobain. Sambal Bu Rudy ini punya varian rasa mulai dari sambal bawang, sambal bajak, hingga sambal udang.

Sambal super enak yang satu ini dijual mulai harga Rp 25 ribu per botolnya.

4. Spikoe Resep Kuno

Spikoe Resep Kuno/Instagram @cemilannya_indo.

Oleh-oleh Surabaya yang satu ini juga sudah ada sejak zaman dulu lho. Kuenya yang lembut dan lezat, berhasil membuat para wisatawan yang datang ke Surabaya ketagihan dan membelinya sebagai oleh-oleh.

Spikoe Resep Kuno ini memiliki 4 varian rasa, yaiti Spikoe Tanpa Kismis, Spikoe Kismis (Raisin), Spikoe Prunes, dan Spikoe Speculaas.

Oleh-oleh khas Surabaya Spikoe ini dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp 75 ribu - Rp 270 ribu, tergantung ukuran dan rasa yang dipilih.

5. Bebek Djangkep

Bebek Djangkep khas Surabaya/Instagram @camilancamilun

Kalau masalah masakan bebek, jangan ditanya lagi, Surabaya jagonya kuliner bebek nusantara.

Untuk teman-teman yang ketagihan dengan lezatnya bebek Surabaya tapi bingung jika ingin membawanya ke kota asal, tenang, di sini ada Bebek Djangkep yang bisa kamu bawa pulang.

Bebek Djangkep merupakan bebek yang diberi bumbu kuning mirip pepes yang dibungkus dengan kemasan kedap udara, sehingga oleh-oleh yang satu ini aman jika dibawa sebagai oleh-oleh.

Bebek Djangkep ini bisa kamu beli di berbagai toko oleh-oleh di Surabaya mulai harga Rp 100 ribu per potongnya.

BACA SELANJUTNYA

Curi Atensi Warganet, Angela Lee Makan Mi Ayam Pakai Celana Robek