Senin, 29 April 2024
Dany Garjito | Aditya Prasanda : Selasa, 21 Mei 2019 | 15:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Gonggong, biota laut endemik yang hidup di kawasan pesisir ini tak sulit ditemukan di Pulau Bintan, Kepulauan Riau (Kepri).

Hewan laut sejenis siput atau kerang laut ini merupakan ikon Kepri.

Bahkan saking familiar dan melekatnya dengan kehidupan masyarakat setempat, di Tanjung Pinang, ibu kota Kepulauan Riau, terdapat Gedung Gonggong yang diadaptasi dari bentuk tubuh biota laut tersebut dan keberadaannya diproyeksikan menyerupai gedung Keong Mas di Taman Mini Jakarta.

Tak hanya mudah ditemukan, bagi masyarakat setempat, gonggong merupakan sajian kuliner jempolan yang diyakini bergizi tinggi.

Beberapa sumber menyebut daging gonggong mengandung protein, karbohidrat, kalori, dan kandungan lemak baik yang begitu menyehatkan untuk dikonsumsi.

(Instagram Choy She)

Namun demikian, betapapun memiliki kandungan gizi yang tinggi, tidak semua jenis gonggong dapat dikonsumsi. Beberapa di antaranya yang aman dan lezat untuk dinikmati yakni gonggong cangkang tipis, gonggong ayam, gonggong cangkang tebal hingga gonggong merah cangkang tebal.

Di Bintan sendiri, gonggong kerap dihidangkan dalam balutan siraman saus kacang, lada hitam, saus asam manis maupun saus tiram nan khas, dan mudah membuat siapa pun jatuh hati.

(Instagram Ayudiana FP)

So, kalau kamu liburan di Bintan, jangan lupa cicipi kuliner istimewa ini ya!

BACA SELANJUTNYA

Kepri, Destinasi Wajib Bagi Traveler Pecinta Sport Tourism