Sabtu, 20 April 2024
Dany Garjito : Kamis, 13 Juni 2019 | 21:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Tolpit merupakan akronim dari kontol kejepit. Tolpit adalah salah satu makanan dengan nama jorok dan ngeres di Indonesia.

Makanan asli Sanden, Bantul, Yogyakarta ini juga akrab disebut adrem.

Penasaran dengan tolpit ini? Dan di mana tempat beli tolpit di Yogyakarta?

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut info lengkap tolpit, makanan dengan nama jorok khas Bantul, Yogyakarta!

1. Asal-usul nama Tolpit

Tolpit, makanan dengan nama jorok asli Sanden, Bantul, Yogyakarta ini juga akrab disebut adrem. (instagram.com/omahwetanyk)

Seperti sudah disebutkan di atas, Tolpit merupakan singkatan dari 'kontol kejepit'. Nama tersebut konon disematkan karena bentuk kue ini dianggap mirip alat kelamin lelaki yang terjepit.

2. Bahan baku membuat Tolpit

Tolpit dibuat dari tepung beras yang berpadu harmonis dengan gula jawa. Rasanya manis seperti lazimnya makanan khas Yogyakarta.

3. Cara membuat Tolpit

Cara membuat Tolpit relatif tidak terlalu rumit. Secara singkat, Tolpit dibuat dengan tepung beras diolah bersama gula jawa. Salah satu kunci sukses agar Tolpit berbentuk sempurna adalah menggunakan teknik dijapit saat sedang digoreng.

4. Tempat membeli Tolpit di Yogyakarta

Tolpit, makanan dengan nama jorok asli Sanden, Bantul, Yogyakarta ini juga akrab disebut adrem. (instagram.com/omahwetanyk)

Sebagai jajanan khas Bantul, Tolpit dapat Anda temukan di beberapa pasar tradisional Bantul.

Anda bisa mencari Tolpit, antara lain di Pasar Sanden, Pasar Celep Srigading Bantul, Pasar Bantul, Pasar Kotagede, dan di lokasi event jajanan tradisional seperti Pasar Tani Jogja di area Dinas Pertanian DIY.

5. Tips membeli Tolpit

Ketika Anda sudah menjumpai kue Tolpit, jangan asal beli ya! Salah satu indikator bahwa tolpit enak adalah memiliki warna cokelat kehitaman. Warna tersebut merupakan perpaduan kematangan sempurna dengan komposisi tepung beras dan gula jawa yang tepat.

Itulah lima info seputar Tolpit, makanan dengan nama jorok dari Bantul, Yogyakarta!

BACA SELANJUTNYA

Catat! 5 Provinsi Ini Bakal Ramai Pemudik saat Liburan Idul Fitri