Jum'at, 29 Maret 2024
Dany Garjito | Amertiya Saraswati : Senin, 25 November 2019 | 17:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Beberapa waktu silam, Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi merilis vlog kuliner. Dalam vlog pertamanya, tampak jika Jokowi memperkenalkan kuliner favoritnya di Kota Solo.

Kali ini, Jokowi kembali dengan vlog #JKWKULINER di kota hujan, yaitu Bogor.

"Sudah lima tahun ini saya dan keluarga bermukim di Bogor, kota hujan dengan kebun raya luas, dan kian berkembang jadi kota besar. Salah satu yang menyenangkan dari kota ini adalah makanannya," tulis akun Presiden Joko Widodo lewat kanal Youtube.

Dalam video berdurasi 10 menit tersebut, Jokowi pun membeberkan 3 restoran yang menjadi favoritnya selama tinggal di Bogor.

Tak hanya pernah disambangi Jokowi, rupanya ada juga kuliner yang pernah disajikan sebagai jamuan di Istana Negara.

Penasaran apa saja kuliner favorit Jokowi di Bogor? Berikut Suara.com rangkum ketiga kuliner tersebut.

1. Martabak dan Bakso Kiki

Rekomendasi Kuliner Favorit Jokowi di Bogor (youtube.com/Presiden Joko Widodo)

Martabak Kiki yang terletak di Jl. Pahlawan No. 35A, Bogor menjadi salah satu kuliner favorit Jokowi.
Selain bahan-bahannya yang fresh, martabak ini juga dikenal dengan kualitas bahannya yang baik dan diracik sendiri oleh sang pemilik, Kiky Sanjaya.

Sementara untuk bakso, sang pemilik menyebutkan jika Martabak dan Bakso Kiki berusaha menyajikan bakso dengan daging yang bagus sehingga hasilnya berkualitas.

"Ya biasa dipesan sama Istana Bogor, kalau ada acara-acara rapat kabinet, ada tamu negara. Udah berapa kali saya ngelayani, sama Pak Jokowi langsung," ungkap Kiky Sanjaya.

Martabak dan Bakso Kiki sendiri tak hanya menjual martabak telur dan martabak manis biasa. Di sini, travelers juga bisa menemukan martabak kekinian yang memiliki aneka topping layaknya pizza.

2. Restoran Kluwih

Rekomendasi Kuliner Favorit Jokowi di Bogor (youtube.com/Presiden Joko Widodo)

Kuliner selanjutnya dapat ditemukan di Restoran Kluwih yang berada di Jl. Bina Marga I No. 12, Baranangsiang, Bogor.

Restoran Kluwih adalah restoran dengan konsep masakan Sunda. Di restoran ini, pengunjung bisa memesan salah satu menu favorit yaitu paket liwet yang disajikan dengan daun pisang di atas meja untuk dimakan beramai-ramai.

"Terus kita memang khasnya pakai tangan, termasuk tradisi makan bareng-barengnya itu kita kemas lebih menarik dan modern di sini," jelas Yeksha Buana Alam, manajer operasional Kluwih.

Tak hanya itu, Kluwih juga menyajikan beberapa kuliner yang sudah jarang ditemukan seperti cumi balakutak.

Jokowi sendiri diketahui sudah empat kali berkunjung ke Restoran Kluwih. Menu favorit Jokowi juga terbilang sederhana, yaitu ayam goreng, tahu, tempe, sambal, lalapan, cah jantung pisang, dan tahu gejrot.

3. Sate Tegal "Laka-laka"

Rekomendasi Kuliner Favorit Jokowi di Bogor (youtube.com/Presiden Joko Widodo)

Terakhir, ada Sate Tegal "Laka-laka" yang menyajikan menu sate kambing dan sate sapi. Menurut sang pemilik, Sunarto, kata "laka-laka" sendiri dalam bahasa Tegal berarti tidak ada duanya.

Sate Tegal Laka-laka dibuat dari daging yang masih muda untuk kambing, dan tenderloin untuk sate sapi. Selain itu, setiap hari restoran sate ini menyajikan daging segar.

"Dalam kesempatan tertentu kami diundang untuk menyajikan menu kami di istana. Membuat saya sangat bangga! Karena kami bisa dipanggil ke istana, menyajikan menu kami untuk orang nomor satu di Indonesia," ungkap Sunarto.

Jokowi sendiri diketahui menyukai menu sate kambing dengan lemak, sementara Ibu Negara Iriana lebih menyukai menu tengkleng.

Tertarik untuk mencoba kuliner favorit Jokowi di Kota Bogor ini?

BACA SELANJUTNYA

5 Tempat Staycation di Bogor, Dijamin Bikin Anak Happy