Kamis, 02 Mei 2024
Rima Sekarani Imamun Nissa : Senin, 24 Februari 2020 | 11:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Orang tua mestinya selalu waspada. Belakangan, semakin banyak kasus anak meninggal karena tersedak, termasuk saat makan buah kelengkeng tanpa pengawasan orang dewasa.

Iban, bocah 3 tahun itu mulanya menikmati makan buah kelengkeng bersama anak-anak lain sepantarannya di depan rumahnya di Sibu, Malaysia.

Melansir dari World Of Buzz, saat itu ayahnya sedang bertani, sedangkan nenek dan bibinya sibuk mengurus pekerjaan rumah. Tiba-tiba, terdengar suara tangisan Iban.

Tangisan Iban pun mengejutkan orang-orang di sekitarnya. Ternyata, dia menangis karena tersedak buah kelengkeng yang membuatnya kesulitan bernapas.

Sang ayah pun segera membawa Iban ke rumah sakit terdekat. Saat itu, wajah Iban telah berubah menjadi ungu dan ia sudah tak sadarkan diri sejak tiba di rumah sakit. Iban pun meninggal dunia sebelum mendapat pertolongan tim medis.

Buah kelengkeng. (Pixabay/veerasantinithi)

Perlu diperhatikan, anak usia 3 tahun sudah sepantasnya mendapat perhatian orang tua ketika makan dan bermain. Pasalnya, mereka bisa memasukkan apapun ke mulutnya dan membuatnya tersedak, termasuk ketika makan buah-buahan.

Ada beberapa buah-buahan yang sering membuat anak tersedak, seperti buah anggur, kelengkeng dan masih banyak lainnya. Dalam hal ini, orang tua sebaiknya memotong kecil buah-buahan yang hendak dikonsumsi si Kecil.

Walau masih banyak orang yang tidak menerapkan cara ini, setidaknya itu meminimalisir risiko anak tersedak.

Ilustrasi seorang balita bermain sendiri. (Pixabay/Laura Retyi)

"Orang-orang sering tidak menyadari bahwa beberapa makanan berisiko membuat anak-anak tersedak. Karena anak-anak membutuhkan makanan dengan ukuran, bentul dan tekstur yang ideal untuk dikonsumsi agar tidak menggangu jalan napasnya," ujar Stephen Feltbower, seorang konsultan pengobatan darurat di Rumah Sakit Kerajaan Forth Valley di Skotlandia dikutip dari reuters.com

Di Amerika Serikat, lebih dari 2.100 anak dari tahun 1999 hingga 2013 meninggal dunia akibat tersedak. Menurut Academy of Pedriatics, anggur menjadi salah satu penyebab paling umum orang tersedak. (Shevinna Putti Anggraeni)

BACA SELANJUTNYA

Ungkap Tipuan Pedagang Mangga dengan Dilapisi Plastik Oranye, Ini Tips Memilih Mangga Berkualitas