Senin, 21 September 2020
Silfa Humairah : Minggu, 02 Agustus 2020 | 19:00 WIB

Guideku.com - Bisa membuat es kuwut sendiri di rumah karena bahan-bahan dan cara pembuatannya tergolong sederhana nan mudah.

Es kuwut menjadi minuman segar khas Bali yang cukup diminati dan mudah didapati di tiap kota di Indonesia. Dengan perpaduan warna hijau muda dan putih, serta bulir-bulir air yang mengembun di sisi gelas, pemandangan es kuwut ini pasti membuatmu enggan berpaling.

Penasaran apa itu es kuwut sebenarnya?

Es Kuwut (instagram.com/chenndrie_shoviana)

Es kuwut adalah minuman khas Bali yang bahan utamanya menggunakan serutan kelapa muda dan melon.

Kamu cukup menaruh serutan kelapa dan melon di dalam gelas, kemudian memberinya tambahan biji selasih, perasan jeruk nipis, air kelapa, dan gula cair sesuai seleramu.

Setelah itu, jangan lupa untuk mengaduk dan memasukkan es batu ke dalamnya, ya!

Es kuwut biasanya disajikan dengan hiasan potongan jeruk nipis. Namun, bagi kamu penyuka rasa asam, kamu boleh kok menambahkan perasan jeruk nipis ke dalam es kuwutmu.

Es Kuwut (instagram.com/carimakanbdg)

Selain menggiurkan, es kuwut ini ternyata juga punya berbagai macam manfaat.

Kandungan jeruk nipis yang ada di dalam es kuwut ini dapat membantumu membakar kalori. Hm, berguna nih buat kamu yang lagi liburan ke Bali dan sudah kebanyakan makan ayam betutu, hehe.

Selain membakar kalori, air dan serutan kelapa di es kuwut juga bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat membantu proses detoksifikasi dalam tubuh.

Namun, tetap saja manfaat es kuwut yang paling utama adalah menyegarkan tubuhmu dan mengusir dahaga di kala panas menyengat.

Tertarik untuk mencoba mencari atau membuat es kuwut ini?

BACA SELANJUTNYA

Resep Ayam Bumbu Bali, Santap Kuliner Pulau Dewata di Rumah Aja