Jum'at, 29 Maret 2024
Rima Sekarani Imamun Nissa | Arendya Nariswari : Rabu, 16 September 2020 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Minuman berwarna merah muda seperti susu atau yogurt memang selalu terlihat menarik sekaligus menyegarkan. Tetapi, tahukah Anda jika pewarna minuman ini ternyata berasal dari serangga?

Sungguh-sungguh terjadi, belum lama ini masyarakat digegerkan dengan sebuah video singkat seorang warganet tengah membeberkan sebuah rahasia di balik nikmatnya minuman kemasan berwarna merah. 

Melalui video tersebut, pemilik akun TikTok @repvblikvideo itu menjelaskan kandungan karmin yang membuat warna pada minuman menjadi tampak merah muda.

Betapa terkejutnya orang-orang saat mengetahui bahwa pewarna makanan alami karmin tadi terbuat dari kutu daun yang dihancurkan.

Terbuat dari Kutu, Penjelasan Warganet Soal Pewarna Minuman Ini Bikin Syok. (Twitter/@repvblikvideo)

"Aku kasih tahu kalian tapi nggak boleh kaget ya, jadi karmin ini terbuat dari kutu daun yang dihancurkan," tutur si pria dalam video itu.

Tentu saja, video ini mendadak viral usai diunggah ulang melalui akun Twitter @repvblikvideo.

"Baru tahu kalau kutu ternyata enak. Auto seminggu nggak minum susu dan yogurt srawberry," cuit sang admin, dikutip Suara.com, Selasa (15/9/2020) kemarin.

Terbuat dari Kutu, Penjelasan Warganet Soal Pewarna Minuman Ini Bikin Syok. (Twitter/@repvblikvideo)

Meski begitu, tak perlu cemas. Karmin sendiri terbilang aman untuk dikonsumsi dan sudah mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makan (BPOM).

Dihimpun dari laman jdih.pom.go.id, karmin sendiri telah terdaftar dalam Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat Dan Makanan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2013 tentang Batas Maksimum Penggunaan Bahan Tambahan Pangan Pewarna.

Terbuat dari Kutu, Penjelasan Warganet Soal Pewarna Minuman Ini Bikin Syok. (Twitter/@repvblikvideo)

Melihat video ini, sudah pasti tak sedikit warganet kaget jika selama ini kutu daun bisa dijadikan sebagai pewarna makanan alami. Mereka pun memberikan berbagai tanggapan melalui kolom komentar dari video yang diunggah melalui akun Twitter @repvblikvideo itu.

"Wah gitu ya ceritanya, baru tahu aku hahaha," komentar seorang warganet.

"Nggak apa-apa yang penting halal dan enak pas disruput," celetuk warganet lain.

"Selain nggak merusak organ dalam dan alergi, fine-fine aja sih aku," imbuh warganet lainnya.

Sementara itu, video warganet ungkap pewarna makanan untuk minuman yang ternyata terbuat dari kutu daun tersebut telah menjadi viral dan ditonton sebanyak lebih dari 10 ribu kali.

BACA SELANJUTNYA

Bisa Lebih Murah, Pria Ini ungkap Cara Hemat Beli Minuman di Starbucks