Senin, 29 April 2024
Hiromi Kyuna : Senin, 30 Agustus 2021 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Salah satu jajanan khas dari wilayah Sumatera atau sejumlah daerah di Kalimantan adalah lempok durian. Lampok atau dodol durian ini memiliki rasa yang legit dan aroma yang khas.

Rupanya, di balik kenikmatan tersebut, terdapat proses yang cukup panjang. Hal ini dibagikan melalui akun Instagram @makanterusss.

Dalam unggahan tersebut, tampak sejumlah wanita tengah mengaduk buah durian di sebuah kuali besar. Mereka berdiri dan menggunakan pegaduk yang cukup panjang.

Kuali tersebut dipanaskan dengan cara yang masih tradisional yaitu menggunakan kayu bakar. Tak heran rasa yang dihasilkan pun sangat khas.

Proses pembuatan lempok durian (Instagram @makanterusss)

Pembuatan lempok durian ini butuh waktu yang cukup panjang, terutama saat proses pengadukannya. Proses pengadukan buah durian ini memakan waktu selama 6 sampai 7 jam.

Para pembuat lempok akan terus mengaduk durian hingga warna durian berubah menjadi kecokelatan. Setelah itu, daging buah akan dipisahkan dengan bijinya dan diletakkan di sebuah wadah.

Adonan tersebut kemudian digulung dan dikemas menggunakan kertas. Setelah itu lempok durian diap dipasarkan sebagai oleh-oleh maupun dikonsumsi pribadi.

Lempok durian memiliki tekstur kenyal mirip seperti dodol, namun dalam pembuatannya tak ditambahkan tepung. Lempok durian dapat mudah ditemui di sejumlah wilayah seperti Pekanbaru, Bengkalis, Palembang, Bengkulu, Lampung, Pontianak, dan Samarinda.

Proses pembuatan lempok durian (Instagram @makanterusss)

Unggahan ini kemudian menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

"Duh, ini kayaknya enak banget. Aroma duriannya kecium sampai sini haha," komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. "Gila ngaduknya aja sampai berjam-jam. Salut sama ibu-ibu yang ngaduk lempok," ujar warganet ini.

"Wah, ini oleh-oleh favoritku nih. Enak banget, legit, kenyal. Suka banget deh," tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, hingga Minggu (29/8/2021), video ini sudah disukai sebanyak lebih dari 2 ribu akun di Instagram.

BACA SELANJUTNYA

Bau Gas Bocor Bikin Panik, Pas Diselidiki Ternyata Berasal dari Durian