Sabtu, 20 April 2024
Hiromi Kyuna : Minggu, 19 September 2021 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Bukan rahasia lagi bahwa susu mengandung kalsium dan gizi baik lainnya untuk tubuh. Susu yang diminum pun umumnya diproses terlebih dulu.

Salah satu proses yang dilakukan untuk susu segar yang hendak diminum adalah pasteurisasi. Pasteurisasi adalah proses pemanasan untuk membunuh organisme yang merugikan.

Dennis, seorang pria lulusan teknologi pangan, memberitahu cara pasteurisasi susu segar secara sederhana di rumah. Hal ini ia bagikan melalui Instagram @naktekpang.

Pertama panaskan susu secara lambat menggunakan metode double boiler atau 2 wadah. Satu wadah panci berisi air yang didihkan, sedangkan wadah lain diisi dengan susu.

Hal ini membuat panci berisi susu tak bersentuhan langsung dengan uap panas. Panaskan selama 30 menit hingga mencapai suhu 63 derajat Celcius.

Pasteurisasi susu sederhana Instagram @naktekpang)

Metode ini dinamakan Low Temprature Long Time (LTLT). Aduk susu perlahan kemudian dinginkan secara cepat di bak berisi es.

Susu segar yang telah dipasteurisasi ini pun siap diminum. Menurut Dennis, susu segar memiliki aroma yang lebih kompleks dan rasa yang enak,

Meski demikian susu segar wajib dipasteurisasi terlebih dulu agar lebih aman untuk dikonsumsi. Cara sederhana yang dipraktekkan Dennis cukup mudah dilakukan di rumah.

Video ini kemudian menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

"Susu segar emang enak banget! Aku biasanya tambahin jahe sama madu. Jadi gurih, hangat, nyoii," komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. "Udah jarang penjual susu segar di sini. Padahal enak walaupun aromanya agak beda, tapi aku suka banget," ujar warganet ini.

"Mantap juga ya ternyata bisa pasteurisasi sendiri di rumah," tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, hingga Sabtu (18/9/2021), unggahan Dennis sudah disukai ribuan akun di Instagram.

Untuk menonton video selengkapnya, klik di sini!

BACA SELANJUTNYA

Sakit Parah, Kisah Pedagang Tetap Keliling Jualan Susu Ini Menyayat Hati