Sabtu, 27 April 2024
Rendy Adrikni Sadikin : Kamis, 06 Juli 2023 | 10:47 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Yogyakarta atau yang karib disapa Jogja. Ya, kota ini memang tidak bisa dilewatkan begitu saja alias kudu disambangi oleh pencinta kuliner. Beragam kuliner bisa dinikmati di sana.

Pasar Kranggan, salah satunya yang cukup tersohor di Kota Gudeg tersebut. Destinasi kuliner ini berlokasi tepat di pusat Kota Jogja, dekat banget lho dengan Tugu Jogja yang ikonik.

Jika kamu menginap di sekitar Tugu Pal Putih Kota Jogja, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi kuliner di sekitar Pasar Kranggan yang terkenal. Harga di sana terjangkau dan cita rasanya legendaris. Dijamin, kantong kamu nggak akan jebol.

Seperti dikutip dari laman harianjogja.com, berikut adalah rekomendasi kuliner di pasar ini yang terletak di dua jalan di Kota Jogja, yaitu Jalan Diponegoro (pintu depan) dan Jalan Poncowinatan (pintu belakang):

1. Gudeg Gongso Bu Tini

Perut kamu meronta dan ngebet mencari sarapan yang kaya dengan berbagai pilihan lauk dan rasa, kunjungi Gudeg Gongso Bu Tini. Lokasinya di Jalan Pangeran Diponegoro No.16-22, Gowongan, Kemantren Jetis, Kota Jogja. Ini persis di Pasar Kranggan.

Gudeg Gongso Bu Tini menawarkan beragam varian menu mulai dari nasi dan bubur Gudeg. Harganya mulai dari Rp 8.000 hingga Rp 40 ribu. Selain itu, tersedia juga Paket Lauk Gudeg dengan harga Rp 25 ribu hingga Rp 250 ribu, Paket Combo dengan kisaran harga Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu, dan berbagai pilihan minuman dengan harga Rp 3.000.

Karena banyaknya variasi menu dan harga yang ditawarkan, Gudeg Gongso Bu Tini sudah menjadi tempat yang ramai dikunjungi sejak pagi hari, buka mulai pukul 05.30 hingga 10.30 WIB.

2. Cakwe Pak Adi

Lokasinya di Jalan Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Jogja. Santapan ini merupakan salah satu cakwe legendaris di Jogja. Nggak cuma bertekstur renyah dan gurih, Cakwe Pak Adi juga memiliki saus pelengkap. Rasa sausnya khas! Saus Cakwe Pak Adi memiliki tekstur yang lebih kental dan berwarna cokelat. Untuk mencapai tempat ini dari arah belakang Pasar Kranggan, kamu dapat berjalan ke barat.

Cakwe ini dijual dengan harga Rp 3.000 per potong dan sudah menjadi favorit pengunjung sejak pukul 05.30 WIB. Pengunjung juga diberikan nomor antrean untuk menikmati kelezatan cakwe ini. Kuliner legendaris ini buka mulai pukul 05.30-09.00 WIB, tetapi disarankan untuk datang lebih awal agar tidak kehabisan.

3. Bakso Goreng Gajah

Tidak jauh dari Cakwe Pak Adi, kamu akan menemukan Bakso Goreng Gajah atau yang dikenal juga sebagai Bagoja. Bakso goreng ini memiliki ukuran yang lebih besar dari biasanya dan menjadi daya tarik bagi pengunjung.

Warung Bakso Goreng Gajah terletak di Jalan Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Jogja. Tempat ini memiliki dua sesi jam buka, yakni dari pukul 06.00-10.00 WIB dan sesi kedua dibuka kembali pada pukul 16.00-20.00 WIB.

Selain itu, menu dan harga bakso goreng ini sangat beragam. Harga bakso goreng mulai dari Rp 15 ribu hingga Rp 25 ribu per porsi. Terdapat juga variasi menu lain seperti bola udang dan pangsit kuah dengan harga Rp 12 ribu hingga Rp 25 ribu per porsi.

4. Gandos Rangin 35

Masih berada di tempat yang sama, ada hidangan tradisional yang terbuat dari adonan tepung beras dengan tekstur yang lembut dan manis berkat taburan gula pasir di atasnya. Letaknya di Jalan Poncowinatan No.76, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Jogja.

Gandos Rangin 35 dijual dengan harga sekitar Rp 5.000 per porsi. Gandos Rangin 35 memiliki dua sesi jam buka, yaitu dari pukul 05.30 hingga 09.30 WIB, dan sesi kedua dibuka kembali pada pukul 15.00 hingga 18.00 WIB.

5. Soto Sampah

Dengan nama yang unik, Soto Sampah menjadi salah satu tujuan kuliner yang wajib dikunjungi saat berada di sekitar Pasar Kranggan.

Soto ini berlokasi di Jalan Kranggan No.2, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Jogja, di sebuah warung makan sederhana dengan harga makanan yang terjangkau.

Menu yang paling terkenal di Soto Sampah adalah Soto Ayam dan Soto Sampah Ayam dan Daging. Jika kamu mampir ke Soto Sampah, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp8.000 untuk satu porsi soto.

Namun, jika ingin menambahkan lauk pelengkap seperti sate dan gorengan, kamu dapat menambahkan Rp1.000. Soto Sampah buka mulai pukul 07.00 hingga 15.00 WIB.

BACA SELANJUTNYA

Trailer dan Sinopsis 'Monster', Film Thriller Tanpa Dialog Dibintangi Marsha Timothy