Sabtu, 27 April 2024
Hakim : Jum'at, 03 November 2023 | 09:40 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Gambar buah semangka dikaitkan dengan simbol dukungan terhadap Palestina, yang masih digempur Israel imbas peperangannya dengan Hamas sejak 7 Oktober lalu.

Buah segar yang memiliki warna daging merah dan penuh biji itu, ramai bermunculan di media sosial hingga demonstrasi pro-Palestina di berbagai negara.

Sejarah penggunaan gambar semangka sebagai simbol Palestina rupanya bukan pertama kali ini terjadi.

Buah semangka ini muncul kali pertama usai perang enam hari pada 1967, saat itu Israel menduduki Tepi Barat dan Gaza serta menggaet Yerusalem Timur.

Saat itu juga, pemerintah Israel mendeklarasikan bahwa memajang bendera Palestina akan dianggap sebagai tindak pidana di Gaza dan Tepi Barat.

Seperti dikutip dari Time, untuk menghindari larangan tersebut orang-orang Palestina akhirnya mengakali dengan menggunakan semangka.

Saat dibelah, penampakan semangka ini menyerupai bendera nasional Palestina, yakni dagingnya yang merah, bijinya yang hitam, serta kulitnya yang hijau.

Namun, pemerintah Israel dengan cepat menyadari arti dari semangka ini. Otoritas kemudian memperluas larangan tidak hanya bendera, tetap juga gambar semangka maupun sesuatu yang mencakup tiga warna tersebut.

Lalu, larangan terhadap bendera Palestina itu baru dicabut pada 1993, usai ada Kesepakatan Oslo (Oslo Accords) yang mensyaratkan pengakuan bersama oleh Israel dan Palestina.

Kesepakatan ini menjadi perjanjian formal Israel-Palestina pertama yang mencoba menyelesaikan konflik kedua wilayah selama beberapa dekade.

The New York Times pun sempat mencatat peran semangka sebagai simbol Palestina selama masa larangan bendera.

Berdasarkan laporan itu, para pemuda di Jalur Gaza ditangkap karena membawa irisan semangka saat memprotes.

Penggunaan semangat sebagai simbol Palestina juga merebak pada 2007 saat peristiwa Intifada Kedua.

Pada 2021, semangka juga kembali populer saat pengadilan Israel memutus keluarga Palestina di Yerusalem Timur untuk diusir dari rumah mereka demi memberi jalan untuk para pemukim.

Manfaat Buah Semangka

Berdasarkan penelitian yang tertulis melalui International Journal of Fruit Science, buah semangka memiliki kandungan sebagai berikut.

- Air yang tinggi sekitar 92%

- Karbohidrat sekitar 7%

- Protein sekitar 1%

- Lemak sekitar 0,2%

- Serat sekitar 0,4%

Selain itu, buah semangka juga mengandung berbagai macam vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan asam folat, serta mineral seperti kalium dan magnesium.

Buah semangka juga mengandung senyawa fitokimia seperti likopen dan citrulline, yang berfungsi sebagai antioksidan serta meningkatkan kesehatan tubuh.

BACA SELANJUTNYA

Cara Minum Teh Bermanfaat untuk Tubuh, Simak Berikut Ini