Selasa, 30 April 2024
Hakim : Kamis, 09 November 2023 | 06:24 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Makanan khas Sunda mungkin terkenal dengan kelezatannya. Sunda sendiri merupakan kelompok etnis yang berasal dari bagian barat Pulau Jawa, Indonesia.

Suku Sunda ini memiliki banyak menu kuliner khas yang unik, dan enak. Mulai dari hidangan gurih, asin, manis hingga pedas semua lengkap.

Bukan itu saja, makanan khas Sunda ini biasanya disajikan dengan variasi yang beragam, mulai dari makanan berat, minuman segar hingga jajanan ringan.

Seperti dirangkum dari beberapa sumber, berikut makanan khas Sunda yang wajib kamu cicipi.

1. Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug oncom atau dikenal T.O ini berasal dari daerah Tasikmalaya, Jawa Barat. Sesuai namanya, kuliner ini berbahan dari nasi beserta olahan oncom tumbuk yang dicampur jadi satu.

T.O semakin enak disantap dengan lauk, seperti ikan asin, tahu dan tempe goreng hingga ayam goreng.
Awas ada yang lupa! yakni sambal terasi beserta lalapan daun kemangi dan timun segar harus ada.

2. Nasi Timbel

Nasi timbel ini mirip dengan nasi liwet dari segi lauknya, yang bermacam-macam. Bedanya, nasi timbel ini tidak dimasak dengan rempah-rempah harum.

Jadi, hanya nasi hangat yang langsung dibungkus daun pisang. Tetapi, aroma bungkusan daun pisangnya juga bisa kok meresap ke nasi.

Nah, untuk lauk yang bisa menemani nasi timbel ini, seperti ayam goreng, ikan goreng, tahu, tempe, sambal, beserta lalapan sayur segar.

3. Nasi Liwet

Nasi liwet ini memiliki kekhasan tersendiri yakni harum yang disajikan dengan lauk beragam, paling asik makan nasi liwet ini beramai-ramai beralaskan daun pisang.

Nasi liwet juga biasanya punya tekstur pulen dan menyebarkan aroma yang wangi. Ini karena sejumlah bahan dan rempah, seperti serai, daun salam, daun jeruk hingga santan digunakan dalam proses pembuatannya.

Selagi memasak nasi, lauk pauk seperti cumi asin, ikan asin, pepes, sambal hingga lalapan segar bisa disiapkan.

4. Gepuk

Ini merupakan satu di antara makanan khas Sunda yang berbahan daging sapi. Untuk memasak gepuk, pertama-tama irisan daging sapi perlu direbus terlebih dahulu bersama rempah-rempah sampai empuk.

Setelahnya, daging sapi bisa ditiriskan lalu dipukul-pukul hingga agak pipih. Barulah daging bisa digoreng sampai warnanya kecoklatan. Cita rasa hidangan ini sedikit manis gurih, dan pastinya enak.

BACA SELANJUTNYA

Menjelajah Desa Tertinggi di Pulau Jawa, 4 Jam dari Jakarta