Jum'at, 29 Maret 2024
Silfa Humairah : Rabu, 22 Juli 2020 | 17:11 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Dinas Kesehatan dan Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan kunjungan ke Royal Ambarrukmo Yogyakarta dalam rangka persiapan untuk menjadi hotel percontohan, pada Jumat, 17 Juli 2020 lalu.

Kunjungan tersebut juga meninjau kesiapan hotel bintang lima legendaris ini dalam mengadaptasi protokol kesehatan dan keamanan yang efektif.

Penerapan sejumlah prosedur tetap (protap) di Royal Ambarrukmo kini telah mencapai 85 persen dengan melalui beberapa kali simulasi baik untuk nantinya tamu yang akan berkunjung menginap, atau hanya dalam rangka pertemuan dan acara lainnya. Secara intensif, sosialisasi dan pengaplikasian ini dilakukan menyeluruh kepada seluruh departemen yang ada di Royal, hingga pengecekan hulu ke hilir.

Proses pendampingan dari Dinas dan Dinas Pariwisata di Royal Ambarrukmo berupaya untuk menyempurnakan hal-hal yang telah diaplikasikan dalam beberapa bulan menjalani adaptasi kebiasaan baru.

Dinas Kesehatan meninjau kesiapan hotel Ambarrukmo dalam mengadaptasi protokol kesehatan dan keamanan yang efektif. (Dok Ambarrukmo)

Aspek keselamatan dan kesehatan menjadi pokok dari Royal Ambarrukmo mencegah peningkatan penyebaran pandemi.

Sebelumnya pada 2019, Royal Ambarrukmo juga telah mengantongi sertifikasi internasional HACCP dan juga ISO 22.000 sebagai standar higienitas pemrosesan makanan. Tak hanya hal tersebut, Royal Ambarrukmo juga mempersiapkan prosedur tetap apabila nantinya indikasi dari gejala-gejala yang merujuk pada COVID-19, seperti ruang isolasi mandiri sementara sebelum dibawa ke Rumah Sakit terkait.

“Pada dasarnya kesiapan Royal Ambarrukmo Yogyakarta menuju penerapan ‘new normal’ telah memenuhi standardisasi yang ditentukan oleh pemerintah dan juga WHO, di sektor pariwisata pada umumnya dan perhotelan pada khususnya. Penyempurnaan dan penambahan beberapa kelengkapan serta kebutuhan akan menjadikannya layak sebagai proyek percontohan kedepannya.” ungkap Kepala Bidang Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Rose Sutikno, S.H, M.M. saat ke area-area Royal Ambarrukmo Yogyakarta bersama seluruh jajaran manajemen RAY.

Dengan agenda peninjauan kedua serta simulasi yang disempurnakan pada akhir bulan Juli ini, Royal Ambarrukmo akan terus konsisten dalam menerapkan prosedur tetap, baik dari SDM dan juga sarana-prasarananya, saat seluruh 247 kamar tamunya dioperasikan kembali segera. Penambahan prosedur tetap ini menjadi salah satu langkah besar untuk memastikan kenyamanan, keamanan serta keselamatan seluruh tamu dan juga karyawan di dalamnya.

BACA SELANJUTNYA

Rekomendasi Tempat Staycation di Jakarta dengan Harga Rp1 Jutaan