Minggu, 05 Mei 2024
Angga Roni Priambodo | Aditya Prasanda : Sabtu, 01 September 2018 | 21:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Sobat traveler pasti tidak asing kan dengan tanda pengenal koper? Saat kita berpergian menggunakan pesawat, tanda pengenal koper dilekatkan agar kita mudah melacak koper pribadi yang berjejalan dengan ratusan koper lainnya.

Hal ini ditengarai begitu banyaknya koper berbentuk serupa dengan warna dan merek yang mirip dalam sebuah rute penerbangan. Tanda pengenal koper juga dapat mencegah kesalahan teknis yang dilakukan maskapai.

Nah, meski tanda pengenal koper dirancang untuk membantu kita, ternyata tidak semua informasi patut dituliskan dalam tanda pengenal koper.

Sejumlah ahli bahkan melarang beberapa informasi penting untuk dibagikan dalam tanda pengenal koper lho.

Lantas, apa saja ya informasi yang tidak boleh kita tuliskan di tanda pengenal koper? Simak catatan Guideku.com berikut!

Alamat rumah

Ilustrasi rumah (Unsplash)

Sangat disarankan untuk tidak menuliskan alamat rumah lengkap pada tanda pengenal koper. Sebaliknya, cukup tuliskan alamat kantor kamu.

Menurut riset yang dilansir USA Today, hal ini berfungsi untuk menghindarkan rumah kamu dari tindak kriminal macam perampokan.

Wah, serem ya sobat traveler!

Alamat email

Ilustrasi email (Unsplash)

Selain itu, hindari pula menulis alamat email utama.

Sebagai gantinya, tuliskan saja alamat email cadangan atau tersier.

Yang harus ditulis

Ilustrasi koper (Unsplash)

Nah, supaya aman dan tetap memudahkan kamu melacak keberadaan koper pribadi, cukup tuliskan: nama lengkap dan nomor ponsel.

Sebagai tambahan, sangat disarankan menuliskan nama lengkap sesuai nama kamu di tiket penerbangan ya, agar memudahkan pihak maskapai melacak kopermu.

Selain berbentuk konvensional macam tulisan, tanda pengenal koper hari ini juga hadir dalam fitur baru, yakni barcode yang dapat di-scanning oleh petugas bandara. Tanda pengenal koper elektronik ini juga terhubung dengan aplikasi ponsel pribadi kamu lho.

BACA SELANJUTNYA

Kena Covid-19 saat Penerbangan, Wanita Ini Dikarantina di Toilet Pesawat