Jum'at, 03 Mei 2024
Dany Garjito | Arendya Nariswari : Rabu, 05 September 2018 | 09:04 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Terdiri dari gugusan pulau-pulau, Indonesia memiliki banyak tradisi dan budaya lokal yang menarik untuk diulas. Salah satunya tradisi Tepuk Tepung Tawar, yang berada di Kepulauan Riau.

Belum lama ini, publik dikejutkan dengan sosok Sandiaga Uno yang sedang menjalankan tradisi Tepuk Tepung Tawar ketika berkunjung ke Riau.

Dalam postingan Instagramnya, Sandiaga Uno terlihat sedang duduk bertimpuh di sisi Uztad Abdul Somad lengkap menggunakan baju adat setempat.

Tradisi Tepuk Tepung Tawar yang dilakukan Sandiaga Uno. (Instagram/@sandiuno)

Tradisi Tepuk Tepung Tawar sendiri merupakan adat negeri Melayu pada zaman kerajaan yang sampai saat ini masih dilestarikan.

Diadopsi dari ritual Hindu, tradisi di Riau ini dianggap sebagai simbol pemberian doa restu.

Biasanya tradisi Tepuk Tepung Tawar ini digunakan untuk sejumlah perayaan penting di dalam masyarakat, mulai dari perkawinan, kelahiran, khitanan, dan sebagainya.

Tradisi Tepuk Tepung Tawar yang dilakukan Sandiaga Uno. (Instagram/@sandiuno)

Para leluhur warga sekitar menyatakan bahwa tadisi Tepuk Tepung Tawar ini, mampu menawar segala hal yang berbisa, menolak segala bencana yang kemungkinan terjadi, menepis segala hal yang berbahaya dan tolak bala.

Tak hanya sebagai tradisi menghindarkan diri dari segala hal yang buruk, tradisi ini juga dilakukan sebagai wujud syukur atas keberhasilan atau niat yang telah terlaksana.

Tradisi Tepuk Tepung Tawar yang dilakukan Sandiaga Uno. (Instagram/@sandiuno)

Untuk menjalankan tradisi ini, warga masyarakat akan menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu.

Kelengkapan yang harus dipersiapkan sebelum tradisi Tepuk Tepung Tawar ini diantaranya ada Pedupaan (Perasapan), Ramuan Rinjisan dan Ramuan Penabur.

BACA SELANJUTNYA

Miss Indonesia Pantau Pembuatan Suvenir Miss World yang Dibuat Khusus