Kamis, 02 Mei 2024
Angga Roni Priambodo | Amertiya Saraswati : Senin, 29 Oktober 2018 | 18:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Masih zaman buang sampah plastik di pantai? Bukan cuma mengotori pesisir dan berpotensi terbawa ke laut, hal ini juga dapat merusak ekosistem dan memengaruhi kualitas hidup biota laut.

Terlebih di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, kegiatan para aktivis pelindung pantai serta larangan membuang sampah sembarangan pun pastinya akan jauh lebih ketat.

Maka, tak heran kalau beberapa pengunjung sempat bingung melihat objek yang berada di pesisir pantai North Carolina ini.

Tak hanya menyerupai sampah di pantai, benda ini juga berbentuk layaknya kantong plastik hitam.

Objek Mirip Sampah Plastik di Pantai (facebook.com/CapeHatterasNS)

Tapi, tunggu dulu nih, travelers!

Sebelum kamu menuduh dan mencari siapa wisatawan yang bertanggung jawab, kamu perlu tahu kalau benda menyerupai kantong plastik hitam tadi bukanlah sampah yang dibuang sembarangan.

Alih-alih, benda tersebut merupakan kantong telur hewan laut yang bernama skate. Nggak nyangka, kan?

Skate sendiri merupakan jenis spesies ikan hiu, namun memiliki bentuk gepeng layaknya ikan pari. Mereka bertelur di dalam kantong yang terbuat dari kolagen, kemudian meninggalkan kantong tersebut pada tanaman atau benda-benda dalam air lainnya.

Namun, tak jarang jika kantong-kantong ini hanyut terbawa air dan terdampar di pesisir pantai. Akibatnya, mereka pun jadi terlihat seperti sampah plastik.

Ikan Skate (youtube.com/boyracer1975)

Meski begitu, bukan berarti kamu lantas bisa mengambil kantong-kantong telur skate tersebut apalagi membuangnya.

Jika kantong tersebut masih menempel pada rumput laut dan berisi telur, maka kamu disarankan untuk tidak menyentuhnya sama sekali. Biarkan kantong-kantong itu tetap berada di tempatnya sampai telur skate menetas.

Barulah jika kantong-kantong ini sudah kosong, wisatawan bisa mengambilnya dan menjadikannya koleksi. Unik juga, kan?

Jadi, meski membuang sampah di tempatnya adalah hal yang baik, jangan sampai kamu salah memungut sampah plastik di pantai dan malah membuang kantong-kantong telur skate ya, travelers!

BACA SELANJUTNYA

Bandara Indonesia Masuk 10 Besar Bandara Family Friendly, Kalahkan Singapura dan Jepang