Kamis, 28 Maret 2024
Dany Garjito | Amertiya Saraswati : Jum'at, 28 Desember 2018 | 21:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Nama desa ini adalah Villa Las Estrellas atau yang berarti Kota Bintang-Bintang. Sayang, di balik keindahan namanya, ada syarat yang cukup berat bagi calon penduduk desa ini.

Meski secara politis desa ini merupakan bagian dari Chile, namun Villa Las Estrelas sebenarnya terletak di Antartika.

Selain rumah penduduk, hanya ada sekolah, gereja dan kantor pos di desa terpencil ini. Sementara rumah sakit terdekat berjarak lebih dari 1.000 km jauhnya.

BACA JUGA: Tak Sembarang, Kampung Mistis di Jogja Ini Hanya Bisa Dihuni 7 Keluarga

Karena hal itulah, sebuah aturan ditetapkan bagi mereka yang ingin tinggal di sini. Baik anak-anak maupun orang dewasa, mereka yang tinggal di Villa Las Estrelas diwajibkan melakukan operasi usus buntu lebih dulu.

Hal ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan bagi mereka yang tinggal di sini dalam kurun waktu lama.

Pasalnya, Villa Las Estrellas hanya memiliki beberapa dokter umum yang tinggal di sana dan sama sekali tidak punya dokter spesialis dalam bidang operasi.

Villa Las Estrellas (Wikimedia Commons)

BACA JUGA: Gara-gara Lukisan Seorang Kakek, Desa ini Tak Jadi Digusur

Populasi Villa Las Estrellas sendiri berjumlah sekitar 100 orang saja. Jumlah itu terdiri dari para peneliti, tentara angkatan laut dan udara, serta keluarga mereka.

Seperti dilansir Guideku.com dari laman BBC Future, diketahui bahwa tinggal di Villa Las Estrellas terasa bak tinggal di daerah industrial.

Setiap harinya, penduduk di sini harus bercengkerama dengan bau khas polusi pabrik serta bahan kimia yang tercium di sekitar area desa.

Sementara itu, rata-rata suhu Villa Las Estrellas adalah -2,3 derajat Celcius. Namun, saat musim dingin tiba, suhu ini dapat turun hingga mencapai -47 derajat Celcius.

Tak heran, banyak yang menyebut jika tinggal di Villa Las Estrellas terasa bagai tinggal di planet lain.

Meski begitu, bagi penduduk yang sudah terbiasa, mereka mengaku menikmati tinggal di Villa Las Estrellas karena dirasa penuh dengan tantangan.

Travelers berani coba tinggal di sini?

BACA SELANJUTNYA

Metallica dan Konser Rock Pertama di Antartika