Minggu, 28 April 2024
Tinwarotul Fatonah | Aditya Prasanda : Selasa, 08 Januari 2019 | 12:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Kereta boleh dibilang merupakan moda transportasi favorit masyarakat Jepang. Tak heran, sebab diminati banyak orang, saat jam sibuk, para penumpang kereta rela bersesakan, berebut tempat demi ke tempat tujuan.

Saking masifnya jumlah penumpang yang berebut tempat dan memaksakan masuk meski kereta sudah sangat penuh dan sesak, petugas khusus pun dibentuk demi memastikan semua penumpang masuk ke dalam gerbong.

Profesi ini disebut oshiya, petugas stasiun yang ditunjuk khusus guna mendorong penumpang agar dapat masuk ke dalam kereta yang penuh, terlebih saat jam sibuk.

Saat melakukan tugasnya, para oshiya akan mendorong penumpang hingga pintu tertutup dengan sempurna.

Mereka berkewajiban memastikan semua orang yang bersikeras masuk ke dalam kereta mendapatkan tempatnya hingga pintu dapat ditutup.

(Instagram Effendydw)

Para oshiya mengenakan seragam layaknya resepsionis hotel, berpakaian rapi dan mengenakan sarung tangan.

Saat stasiun tak terlalu ramai, para oshiya akan duduk sembari mengamati keadaan sekitar. Sesekali mereka akan membantu membawakan barang bawaan penumpang yang sulit dimasukkan ke dalam kereta.

(Instagram Fun Jpop)

Laporan Akiba Nation menyebut oshiya merupakan pekerjaan paruh waktu dan biasanya hanya ditempatkan di stasiun-stasiun besar nan padat pengunjung.

Dahulu, jauh sebelum Jepang menempatkan profesi ini di stasiun mereka, stasiun-stasiun di New York, Amerika Serikat terlebih dahulu menggunakan metode yang sama.

Namun profesi ini tak bertahan lama di NY, sebab riskan memicu perkelahian dan jadi ajang pelecehan seksual.

BACA SELANJUTNYA

Wajib Tahu! Wisatawan Indonesia Wajib Jalani Tes Tuberkolusis Sebelum Masuk Jepang