Minggu, 28 April 2024
Angga Roni Priambodo | Aditya Prasanda : Kamis, 17 Januari 2019 | 07:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Terletak di kawasan Teluk Segara, Gading Cempaka, Bengkulu, Danau Dendam Tak Sudah membentang seluas 112,2 hektar.

Berdasarkan legenda yang beredar di masyarakat setempat, terdapat cerita pilu di balik penamaan danan nan unik tersebut.

Seperti namanya, konon dahulu danau ini merupakan lokasi bunuh diri seorang gadis yang nekat melompat ke danau sebab cintanya tak direstui orang tua, berangkat dari hal tersebut danau ini dinamakan Danau Dendam Tak Sudah.

(Instagram Iqbal Dly)

Danau yang sudah ada sejak zaman Belanda ini konon memiliki penampakan yang jauh lebih menawan di zaman kolonial namun seiring waktu sejarah mengiringi perkembangan Indonesia, danau ini terbengkalai begitu saja.

Selain sebagai kawasan wisata, danau ini juga dimanfaatkan sebagai kawasan konservasi untuk melindungi beragam keanekaragaman hayati, berfungsi sebagai sumber air untuk irigasi juga daerah cadangan air.

(Instagram Bengkulu Hitsz)

Di sekitar danau ini akan kita temukan beragam hewan liar macam lutung, babi hutan, burung kutilang, ular phyton, siamang, kera ekor panjang hingga bermacam jenis ikan.

Tak hanya itu, kita juga dapat menyimak bermacam flora dari anggrek matahari, bakung, nipah, ambacang rawa, terentang, brosong hingga sikeduduk.

(Instagram Ria Apriani)

Menyambangi Danau Dendam Tak Sudah, kita hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 1.500 per orang.

BACA SELANJUTNYA

Cocok Untuk Merenung di Akhir Tahun: Intip 3 Situ yang Ada di Bandung, Ada yang Harga Rp 10.000 Tiket Masuknya!