Minggu, 28 April 2024
Vika Widiastuti | Aditya Prasanda : Sabtu, 19 Januari 2019 | 11:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Norovirus, virus yang kerap menyerang para penikmat wisata laut ini belakangan jadi perbincangan publik internasional paska menjangkiti penghuni kapal pesiar terbesar di dunia, Oasis of the Seas.

Karena virus tersebut, kapal yang dioperasikan Royal Caribbean International itu bahkan harus mempersingkat waktu pelayarannya tatkala menyisir lautan Karibia.

Tak heran, sebab 277 penumpang kapal pesiar Oasis of the Seas yang terjangkit norovirus mengidap gejala mual, diare, sakit kepala, dan keram perut yang membuat mereka harus memperoleh penangan dokter secara intensif.

Laporan Cruise Lines International Association (CLIA) menyebut norovirus dapat menyerang 1 dari 15 orang di daratan dan 1 dari 5.500 orang di lautan.

Ilustrasi kapal pesiar. (Pixabay)

Meski kemungkinan terserang Norovirus di kapal pesiar terbilang kecil, virus ini mudah menyebar jika salah seorang terpapar virus. Sebab tak ada fasilitas kesehatan yang mumpuni di tengah samudera.

Lantas adakah cara untuk mencegah penyebaran norovirus?

Mengutip laporan CNN Travel, berikut Guideku.com sajikan 5 tips mencegah penyebaran norovirus. Apa saja?

1. Hindari terlalu sering menggunakan kamar mandi umum, usahakan sebisa mungkin untuk menggunakan kamar mandi pribadi di kamar.

2. Sangat disarankan untuk melapisi pegangan yang biasa disentuh banyak orang menggunakan tisu, seperti pegangan tangga, gagang pintu kamar mandi umum, tombol lift.

3. Pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan sangat bersih menggunakan air dan sabun alih-alih menggunakan cairan pembersih.

4. Hindari menjabat tangan dengan siapapun secara sembarangan. Melempar senyuman tak mengurangi rasa hormat kamu pada seseorang.

5. Jika sakit, segera laporkan, agar virus ini dapat ditangani sejak dini.

BACA SELANJUTNYA

Kapal Pesiar di Singapura Tawarkan Berlayar Tanpa Tujuan