Jum'at, 26 April 2024
Dany Garjito | Aditya Prasanda : Rabu, 13 Februari 2019 | 18:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Ledakan tambang nan begitu dahsyat pada tahun 1977 menyebabkan desa Geamana di Rumania tenggelam oleh limbah beracun.

Hari ini desa tersebut merupakan salah satu kawasan berbahaya yang jadi mimpi buruk sekaligus penyesalan bagi masyarakat Geamana dan Rumania.

Dihimpun dari berbagai sumber, Guideku.com mencatat 4 fakta soal Desa Geamana yang harus kamu ketahui. Apa saja?

Berawal dari nafsu diktator

Bermula dari nafsu bengis diktator komunis Rumania, Nicolae Ceausescu yang ingin mengeksploitasi tembaga dalam jumlah besar, kawasan pertambangan di desa Geamana pun dibuka pada tahun 1977 hanya dalam jangka waktu satu tahun.

Desa jadi penampungan limbah

(Pexels Pixabay)

Bak kutukan bagi penduduk desa, eksploitasi tembaga di tambang Rosia Poieni di kawasan Pegunungan Apuseni, Alba, Rumania memaksa 400 kepala keluarga dievakuasi keluar sebab desa Geamana dijadikan tempat penampungan lumpur limbah tembaga.

Para penduduk dievakuasi dengan iming-iming akan diberikan ganti rugi dalam jumlah besar namun kenyataannya mereka hanya memperoleh sebidang tanah dan sedikit uang.

Danau limbah beracun

(Youtube Transylvania Zone)

Limbah beracun dengan kandungan sianida dan bahan kimia lainnya menenggelamkan desa Geamana.

Hari ini tak satupun bangunan dapat kita saksikan tersisa di atas permukaan limbah beracun yang menyerupai danau kecuali sisa atap gereja nan tinggi menjulang.

Masih ada penduduk yang bertahan

Kendati ratusan penduduk Geamana telah meninggalkan desa, terdapat sekitar 20 penduduk yang bertahan dan bermukim di atas lereng bukit.

Tak heran, proyek tambang di desa Geamana merupakan salah satu mimpi buruk bagi masyarakat Rumania hingga hari ini.

BACA SELANJUTNYA

Lokasi Syuting The Nun di Rumania Ini Dijamin Bikin Kamu Ngeri