Sabtu, 27 April 2024
Dany Garjito | Amertiya Saraswati : Minggu, 06 Oktober 2019 | 11:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Film Joker yang dibintangi oleh Joaquin Phoenix menjadi salah satu film yang dinanti-nanti banyak orang tahun ini. Di Indonesia, film Joker sudah resmi rilis pada 2 Oktober 2019 lalu.

Dalam film ini, penonton diajak untuk menelusuri masa lalu Arthur Fleck sebelum berubah menjadi Joker. Tentunya, latar kota Gotham pun terasa kental hadir dalam film tersebut.

Penggemar DC sendiri pasti sudah paham benar jika Gotham merupakan sebuah kota fiksi semata. Di dunia nyata, latar kota Gotham dalam film Joker diambil di beberapa tempat.

Salah satu tempat yang banyak digunakan sebagai latar kota Gotham adalah New York. Merangkum dari laman Untapped Cities, berikut beberapa area di New York yang dipakai lokasi syuting film Joker.

Mana saja?

1. Brooklyn Army Terminal

Spot Syuting Film Joker di New York (youtube.com/Warner Bros. Pictures)

Dalam film Joker, ada bagian di mana Arthur Fleck berjalan menuju rumah sakit jiwa yang terletak dekat stasiun kereta api.

Aslinya, adegan tersebut diambil di Brooklyn Army Terminal. Kemudian, produser film Joker pun mengganti tulisan yang ada menjadi "Arkham State Hospital" dengan menggunakan CGI.

2. Bronx Staircase

Spot Syuting Film Joker di New York (youtube.com/Warner Bros. Pictures)

Salah satu adegan ikonik yang muncul dalam poster dan trailer adalah sosok Arthur Fleck yang sudah memakai riasan Joker tengah menari di anak tangga.

Anak tangga ini terletak di daerah Bronx, tepatnya di 167th Street. Jika dicari lewat Google Maps, maka akan terlihat tulisan "JOKER STAIRS" sebagai penanda anak tangga tersebut.

3. Loews Jersey Theater

Spot Syuting Film Joker di New York (youtube.com/Warner Bros. Pictures)

Dalam trailer dan film Joker, ada beberapa adegan yang diambil dengan latar belakang gedung opera bergaya kuno. Salah satu gedung tersebut adalah Loews Jersey Theater.

Gedung ini sendiri merupakan gedung opera kuno bergaya Eropa yang kini sedang dalam proses restorasi.

4. 9th Avenue Subway Station

Spot Syuting Film Joker di New York (youtube.com/Warner Bros. Pictures)

Layaknya New York, subway juga merupakan bagian yang lekat dalam kehidupan masyarakat Gotham. Untuk film Joker, adegan subway banyak diambil di bekas 9th Avenue Subway Station.

Hal ini dikarenakan film Joker menunjukkan kondisi kota Gotham yang kumuh serta subway yang penuh grafiti. Untuk itu, stasiun yang sudah terabaikan pun dipilih menjadi lokasi syuting.

5. Terowongan di bawah Manhattan Bridge

Spot Syuting Film Joker di New York (youtube.com/Warner Bros. Pictures)

Manhattan Bridge merupakan salah satu ikon wisata kota New York yang terkenal. Namun, dalam film Joker, latar yang dipakai adalah terowongan di bawah jembatan tersebut.

Dalam trailer, dapat terlihat Joker berlari di dalam terowongan dengan pakaian badut. Adegan itulah yang diambil di terowongan Manhattan Bridge, tepatnya di 199 Cherry Street.

BACA SELANJUTNYA

Ciuman Mesra dengan Ashraf di New York, Bunga Citra Lestari Jadi Sorotan