Kamis, 28 Maret 2024
Rima Sekarani Imamun Nissa | Fitri Asta Pramesti : Minggu, 05 April 2020 | 16:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Terkenal dengan cuaca sejuk nan dingin, kawasan Tawangmangu acapkali dijadikan tempat melipir bagi mereka yang jengah dengan hiruk pikuk kota.

Tak heran, salah satu destinasi wisata yang terletak di Karanganyar, Jawa Tengah ini penuh dengan deretan penginapan yang tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan.

Namun belakangan, seperti kawasan wisata di berbagai daerah lainnya, Tawangmangu nampaknya juga sedang tertatih-tatih dihantam pandemi Covid-19 yang tengah merebak.

Serupa dengan beberapa daerah di Indonesia yang memilih untuk melakukan karantina wilayah, para warga Tawangmangu pun memilih untuk menutup beberapa jalan dan gang demi menekan sebaran Covid-19.

Hal ini diketahui dari unggahan video dari seorang warga twitter dengan akun @MafiaWasit, yang memperlihatkan kondisi Tawangmangu yang sepi lantaran menerapkan karantina lokal.

"Ya ampun, kamar kosong di sini bener-bener kosong saat ini. Semoga lah Corona ndlog*k ini segera pergi agar kamar kosong di sini segera buka dan terisi lagi," cuit @MafiaWasit seperti dikutip Guideku.com, Minggu (5/4/2020).

Dalam video berdurasi 45 detik tersebut, nampak jalanan Tawangmangu yang biasanya ramai kendaraan yang lalu lalang, kini terlihat sepi.

Imbas Covid-19, Beredar Video Tawangmangu Sepi karena Lockdown. (twitter.com/MafiaWasit)

Kayu dan bambu lengkap dengan spanduk bertuliskan "lockdown" atau akses jalan ditutup pun menghiasi gang-gang di sepanjang jalan yang punya kontur menanjak ini.

Sepinya kawasan yang terkenal dengan jajanan molen aneka isi juga terlihat dari unggahan warganet lain yang membagikan keadaan di Pasar Tawangmangu.

Disebutkan akun @ZonaSangar1923, pandemi dan lockdown berdampak pada sepinya pasar wisata yang menjual beragam sayur mayur hasil bumi Tawangmangu ini.

"Akibat lockdown mata pencarian kami pun semakin turun dratis. Pasar wisata tawangmangu biasanya penuh disesaki orang berbelanja sayur bila malam hari, sekarang menjadi sepi pengunjung. Kami manfaatkan jadi tempat olahraga malam," tulis @ZonaSangar1923.

Imbas Covid-19, Beredar Video Tawangmangu Sepi karena Lockdown. (twitter.com/ZonaSangar1923)

Di salah satu sudut bagian pasar, nampak beberapa pria tengah melakukan olahraga bola voli.

Mengetahui sepinya kawasan wisata yang dekat dengan kota Solo ini, netizen pun langsung memberikan respon beragam di kolom komentar.

"Kangen Tawangmangu, wedhus banget nih corona," tulis salah seorang netizen.

"Gang menuju tempat makrab di lockdown. Heu kangen makrab," ujar netizen lain.

"Woy kangen banget mau ke Tawangmangu dingin-dingin," sambung netizen lainnya.

Duh, semoga pandemi ini segera berakhir supaya Tawangmangu kembali ramai, ya.

BACA SELANJUTNYA

Wow! Peminat Jet Pribadi Semakin Meningkat saat Pandemi Covid-19