Selasa, 23 April 2024
Silfa Humairah : Minggu, 05 Juli 2020 | 18:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Sudah tidak sabar refreshing ke objek wisata alam, untuk kamu yang suka mendaki, Pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng jadi rekomendasi. Dan gunung ini  dibuka resmi mulai hari ini, Minggu (5/7/2020).

Jangan lupa ikuti mengikuti protokoler kesehatan covid-19, kamu harus membawa masker dan handsanitizer, dan menjalankan ketentuan yang sudah ditetapkan petugas. Penting juga memastikan ketersediaan kuota pendakian sesuai jadwal pendakian yang direncanakan dan jangan memaksakan diri jika kuota sudah penuh.

Kamu juga harus memastikan kembali kondisi tubuh sehat dan bugar saat akan meninggalkan rumah menuju lokasi pendakian gunung.

<" data-captioned width="250" height="100" layout="responsive">

Info pendakian Gunung Penangguhan. (Instagram/mountnesia)

Untuk kamu yang belum pernah mendaki Gunung Penanggungan, gunung ini merupakan gunung berapi (istirahat) berbentuk kerucut yang terletak di Jawa Timur. Lokasinya berada di dua Kabupaten, yaitu Mojokerto dan Pasuruan. Uniknya, Penanggungan menyimpan sejarah panjang kerajaan Majapahit. Terbukti banyak ditemukan situs purbakala berupa candi umat agama Hindu.

Selain sebagai kawasan sejarah dan ziarah, gunung berapi ini juga merupakan destinasi pendakian. Karena puncaknya yang relatif lebih rendah daripada gunung lain di sekitarnya, gunung ini cocok untuk dijadikan sarana "pemanasan" atau sekadar berlibur untuk pendaki pemula. Ada sejumlah jalur pendakian yang umum digunakan.

Gunung Penanggungan bisa jadi tujuan bagi traveler yang menjadi pendaki pemula. Dengan ketinggian 1.653 mdpl, gunung ini layak jadi medan belajar sebelum mendaki puncak lebih tinggi lainnya.

Tak perlu khawatir atau tersesat, sudah banyak rambu atau petunjuk di setiap jalurnya dan tentunya disarankan membawa perbekalan air secukupnya.

Meskipun tidak terlalu tinggi, sensasi dan pengalaman yang didapatkan tidak akan terlupakan. Jadi untuk pemula menjadi pilihan pendakian yang cukup aman dan menambah pengalaman.

BACA SELANJUTNYA

Situ Sangkuriang: Surga Tersembunyi Murah Meriah di Timur Bandung yang Kini Viral