Selasa, 23 April 2024
Silfa Humairah : Jum'at, 10 Juli 2020 | 15:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Dalam sidang ke-209 Dewan Eksekutif Unesco di Paris, Prancis, Selasa (7/7/2020), ditetapkan Kaldera Toba di Sumatra Utara (Sumut) masuk daftar 16 besar UNESCO Global Geopark. Untuk kamu yang belum tahu keindahan Danau Toba, berikut Suara.com rangkum spot terindah yang bikin Danau Toba istimewa.

Berada diantara 7 kabupaten dari 20 kabupaten yang dimiliki Sumatera Utara. Tiap sudutnya menawarkan pemandangan yang indahnya beragam angle.

Luasnya Danau Toba berada di kawasan Kabupaten Karo, Tapanuli Utara, Samosir, Toba Samosir, Simalungun, Humbang Hasundutan, dan Dairi punya view berbeda yang selalu bisa membuat pengunjung takjub.

 Berikut spot terindah yang mengalihan duniamu saat mengunjungi Danau Toba.

Danau Toba dengan  Bukit Segitiga

Pemandangan Perbukitan di sekitar Danau Toba dari kawasan Paropo. (Suara.com/Silfa Humairah)

Sudut yang menjadi satu diantara sudut favorit fotografer lokal adalah di Paropo karena menawarkan barisan bukit segitiga seperti piramida.

Kegiatan eksplore Paropo dengan kegiatan 1000 tenda pun sudah beberapa kali digelar dalam 3 tahun belakangan.

Pemandangan Danau Toba di Perbukitan Paropo, Dairi. (Instagram/Humairahsilfa)

Untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat khususnya pengunjung untuk membangun kesadaran peduli lingkungan agar tempat terus lestari. Komunitas-komunitas yang peduli lingkungan pun mengajak anak komunitas traveling dan anak muda untuk mengeksplore Pulau Paropo untuk menjadi destinasi wisata kemping.

"Ya penting memberikan pola pembelajaran bagaimana etika mengeksplore tempat wisata, yakni bukan hanya sibuk berfoto dan menguploadnya melainkan juga menjaga lingkungan dengan membawa sampah sendiri dan ikut membersihkan jika menemukan sampah di sekitar dan tidak merusak pohon. Jadi kegiatan eksplore wisata tetap terkendali dan menunjukkan sikap peduli lingkungan," kata Ojax Manalu, Ketua Komunitas Rumah Karya Indonesia yang kerap menggelar kegiatan 1000 tenda di kawasan tersebut.

Jadi Danau Toba bukan hanya bisa dilihat dari Parapat atau Samosir yang sudah cukup ramai wisatatawan, karena ada kawasan Paropo yang juga tidak kalah indahnya. 

Spot Danau Toba dengan Taman Bunga

Pantai Hudo di Samosir. (Suara.com/Silfa Humairah)

Pemandandangan pantai pasir putih sekaligus taman bunga tentu jarang Anda temukan. Namun tidak di kawasan Pantai Hudo di Desa Parbaba Samosir, Sumatera Utara.

Wisata Danau Toba mengeksplore objek wisata sekitar untuk menarik wisatawan. Pantai Hudo merupakan bagian dari Danau Toba yang memiliki pinggiran dengan tekstur pasir seperti pantai.

Pantai Hudo dibuat sedemian unik, hamparan bunga bewarna kuning dan orange laiknya savana semakin membuat mata takjub akan keindahan Danau Toba.

Pemandangan Pantai Hudo yang cocok untuk piknik keluarga. (Suara.com/Silfa Humairah)

.Jadi wisata ke Samosir semakin beragam selain mengenal budaya batak dan melihat pemandangan perbukitan di sekitar Danau Toba, karena ada juga pemandangan taman bunga dan pasir putih di Desa Parbaba.

Spot Danau Toba dari Bukit Pangururan

Pemandangan Danau Toba dari Bukit Pangururan. (Suara.com/Silfa Humairah)

Traveler tertarik melihat keindahan Danau Toba dari atas bukit tanpa harus mendaki dan tracking berjam-jam.

Bukit Pangururan menjadi satu di antara bukit yang menawarkan view terbaik Danau Toba yang dikeliling perbukitan hijau pulau nan eksotis di Pangurururan, Samosir, Sumatera Utara.

Tidak perlu mendaki, Bukit Pangururan sudah diaspal dan bisa dijangkau dengan sepeda motor. Tidak untuk mobil karena jalannya kecil.

Bukit ini berada di belakang Hot Spring Pangururan. Ada jalan aspal yang kecil satu arah dan dapat membawa kamu ke area bukit tersebut.

BACA SELANJUTNYA

Viral #CoretBalidanToba, Jansen Demokrat: Menpar Harus Jaga Mulut