Minggu, 28 April 2024
Caca Kartiwa : Jum'at, 17 November 2023 | 11:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Italia terkenal sebagai salah satu destinasi wisata di Eropa baik untuk traveling atau liburan akhir tahun.

Salah satu yang menjadi ikon di Venesia adalah momen menaiki gondola yang dikemudikan oleh gondolier.

Jika diperhatikan, para gondolier tersebut mengenakan pakaian seragam, yakni kaos belang hitam-putih atau merah-putih.

Tradisi gondolier mengenakan kaus bergaris hitam-putih atau putih-merah memiliki akar yang dalam dalam sejarah dan budaya Venesia. Berikut beberapa alasan di balik pakaian ikonik ini, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Evolusi Sejarah
Melansir laman caffeflorian, pakaian gondolier telah mengalami evolusi selama berabad-abad. Pada zaman dahulu, gondolier mengenakan pakaian merah dari sutra dengan bordiran emas dan perak, atau jaket sutra, sepatu putih, celana pendek, dan syal merah panjang.

Namun, pada abad ke-18, Senat Serenissima turun tangan untuk mengatur dan mengkodekan pakaian mereka, yang menghasilkan adopsi kaus bergaris sebagai bagian dari seragam mereka.

2. Seragam yang Diatur
Pakaian khas gondolier adalah seragam yang diatur, membuat mereka mudah dikenali dan memungkinkan identifikasi berdasarkan 'stasiun' tempat mereka bekerja.

Seragam ini mencakup kaus bergaris dengan lebar 2,5 cm dalam warna hitam dan putih atau putih dan merah, serta topi jerami yang dianyam dengan pita berwarna.

3. Pengaruh Sinematik
Adopsi kaus bergaris sebagai bagian dari seragam gondolier mungkin dipengaruhi oleh film Dino Risi tahun 1958, "Venezia, la Luna e Tu," di mana aktor legendaris Alberto Sordi memerankan peran seorang gondolier yang mengenakan kaus bergaris putih dan merah, tulis laman Italo Americano.

Penampilan ini menjadi ikonik, dan gondolier memutuskan untuk mengadopsinya secara nyata, berkontribusi pada citra abadi gondolier dalam kaus bergaris.

4. Simbol Venesia
Kaus bergaris telah menjadi bagian resmi dari seragam gondolier dan merupakan simbol kategorinya.

Hal ini membuat mereka mudah dikenali dan seiring waktu menjadi bagian integral dari citra romantis dan indah Venesia.

BACA SELANJUTNYA

3 Tempat Staycation di Garut Cocok untuk Liburan Akhir Tahun