Sabtu, 27 April 2024
Caca Kartiwa : Jum'at, 24 November 2023 | 17:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Saat Anda merencanakan kunjungan ke Korea Selatan, untuk liburan akhir tahun misalnya, penting untuk menyadari perbedaan budaya dan etika yang mungkin berbeda dengan negara asal.

Sebelum Anda terlalu bersemangat menjelajahi semua yang Korea Selatan tawarkan, luangkan waktu sejenak untuk memahami beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan selama perjalanan Anda.

1. Bicara dengan suara kencang di tempat umum
Meskipun hal ini mungkin terdengar biasa, penting untuk diingat bahwa berbicara dengan suara keras di tempat umum dianggap tidak sopan di Korea Selatan.

Pertimbangkan untuk menjaga volume suara Anda dan berbicara dengan 'suara dalam ruangan', terutama jika Anda belum mencapai usia di mana berbicara keras diterima.

2. Menunjukan tulang selangka
Tunjukkan rasa hormat terhadap budaya lokal dengan memperhatikan penampilan pribadi Anda. Hindari menunjukkan tulang selangka dengan pakaian yang terlalu terbuka seperti tank top atau open shoulder dress, terutama di lingkungan yang lebih konservatif.

Meskipun sebagian besar orang Korea tidak mempermasalahkan pakaian pendek atau rok mini, ada sedikit kehati-hatian terhadap standar ganda.

3. Minum mendahului yang lebih tua
Budaya minum di Korea Selatan mencakup etiket yang berkaitan dengan usia. Orang termuda di meja sering menuangkan minuman untuk semua orang, sementara saat minum, memalingkan wajah sedikit dianggap sopan.

Pahami bahwa usia sering menjadi faktor penentu dalam dinamika kelompok minum di Korea Selatan.

4. Menerima sesuatu dengan satu tangan
Penting untuk diingat bahwa menerima sesuatu hanya dengan satu tangan dianggap tidak sopan di Korea Selatan.

Gunakan kedua tangan Anda seolah-olah Anda menerima penghargaan, dan pastikan untuk membiasakan diri menerima sesuatu secara dominan dengan tangan kanan.

5. Menatap orang lain
Hindari menatap orang lain di Korea Selatan, meskipun mereka mungkin terlihat seperti idola K-Pop favorit Anda. Menatap dianggap tidak sopan dan dapat membuat orang merasa tidak nyaman. Namun, perlu diingat bahwa aturan ini mungkin tidak berlaku sebaliknya.

6. Meletakkan kaki di atas furnitur
Penyandaran kaki di atas furnitur dianggap tidak sopan karena bagian bawah kaki dianggap "kotor" di budaya Korea Selatan. Jadi, hindari godaan untuk meletakkan kaki Anda yang lelah di kursi di seberang Anda.

Dengan memahami dan menghormati etiket lokal ini, Anda dapat membuat kunjungan Anda ke Korea Selatan menjadi lebih menyenangkan dan menghindari kejutan yang tidak diinginkan. Selamat menjelajah!

BACA SELANJUTNYA

Ini 7 Tempat Wisata di Bandung Cocok untuk Habiskan Masa Libur Akhir Tahun