Senin, 29 April 2024
Rendy Adrikni Sadikin | Arendya Nariswari : Selasa, 17 Juli 2018 | 10:43 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Dalam rangka melestarikan tradisi upacara pergantian prajurit jaga, Kadipaten Pakualam Yogyakarta mengadakan upacara pergantian Bregada Jaga pada 14 Juli 2018.

Upacara ini rutin diadakan setiap 35 hari sekali, bertepatan dengan tanggalan Jawa, Sabtu Kliwon. Bregada Jaga (Prajurit Jaga) pada bulan ini,  yang mendapatkan jadwal berjaga adalah prajurit Lombok Abang yang berseragam serba merah.

Setelah melakukan prosesi upacara, kedua kelompok Bregada Jaga ini melakukan kirab mengelilingi Puro Pakualaman. Biasanya acara pergantian Bregada Jaga ini disertai panggung hiburan dan tarian tradisional dari beberapa sanggar tari di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Kirab Budaya untuk Memperingati Upacara Ganti Bregada Jaga Puro Pakualaman Yogyakarta/Guideku.com

Bregada Jaga Puro Pakualaman sendiri memiliki 2 pasukan yaitu Bregada Infantri (Plangkir) dengan baju modern dan senjata senapan kemudian ada Bregada Lombok Abang dengan baju tradisional Jawa dan senjata tombak. Masing-masing kelompok Bregada Jaga terdiri dari 50 pasukan.

Telah rutin diselenggarakan sejak tahun 2016, upacara pergantian Bregada Jaga ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melestarikan budaya yang ada di Yogyakarta.

Kirab Budaya untuk Memperingati Upacara Ganti Bregada Jaga Puro Pakualaman Yogyakarta/Guideku.com

Tak hanya itu, upacara pergantian Bregada Jaga di Pakualaman ini juga diharapkan mampu menarik minat anak-anak muda, untuk ikut melestarikan budaya tradisional dan juga menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara yang sedang berlibur ke Yogyakarta.

BACA SELANJUTNYA

Wajib Tahu, Begini Sejarah di Balik Megahnya Bangunan Keraton Yogyakarta