Jum'at, 26 April 2024
Dany Garjito : Selasa, 01 Januari 2019 | 18:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Momen pergantian tahun di Jakarta telah usai. Dalam waktu semalam, petugas kebersihan di DKI Jakarta mengumpulkan total 327 ton sampah.

Dikutip dari Suara.com, Kepala Dinas Linkungan Hidup DKI Jakarta, Iswana Adji mengatakan, jumlah sampah itu menurun dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 780 ton sampah.

"Sampah yang terkumpul pada malam perayaan tahun baru sebanyak 327 ton. Jumlah ini turun dari tahun sebelumnya yang mencapai 780 ton. Pukul 04.00 WIB, Ibu Kota telah kembali bersih," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji di Jakarta, Selasa (1/1/2018).

Menurut Isnawa, lokasi penyumbang sampah terbanyak yakni kawasan Monumen Nasional atau Monas. Di lokasi tersebut, sebanyak 45 ton sampah berhasil petugas kebersihan yang biasa disebut pasukan orange.

Lalu di kawasan Bundaran HI, total sampah di kawasan ini mencapai 22 ton. Lalu di sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin terkumpul 26 ton sampah.

"Kami juga tugaskan semua kasudin, kepala bidang, bahkan kepala dan wakil kepala dinas, untuk turun langsung ke lapangan. Sebelumnya, kami pantau semua titik keramaian di Jakarta. Begitu acara usai dan massa mencair, proses pembersihan langsung dimulai," Isnawa menambahkan.

Menurut Isnawa, proses pembersihan dapat dilaksanakan dengan cepat, karena sebelumnya petugas bersama komunitas masyarakat telah membagikan 10 ribu kantong sampah kepada para pedagang kaki lima dan meletakan ribuan dus sampah di titik-titik keramaian.

"Kami apresiasi kepedulian warga yang telah meletakan sampah di tempatnya. Itu sangat membantu petugas," kata Iswana.

Proses pembersihan tidak terlalu sulit karena sampah banyak yang sudah terkumpul. Sedangkan untuk pembersihan jalan, dikerahkan 50 unit road sweeper. Sehingga proses pembersihan berlangsung cepat.

SUARA.com/Yosea Arga Pramudita

Artikel ini sudah dimuat di SUARA.com dengan judul: Malam Tahun Baru di Jakarta Produksi 327 Ton Sampah

BACA SELANJUTNYA

Tayang Desember Ini, Film 13 Bom Di Jakarta Rilis Trailer dan Poster Resmi