Sabtu, 27 April 2024
Dany Garjito | Arendya Nariswari : Selasa, 28 Januari 2020 | 18:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Sumatera Barat tak hanya punya sajian kuliner yang menggugah selera. Rupanya kawasan ini juga memiliki segudang destinasi wisata menarik lho, salah satunya yakni Bukit Batu Runciang.

Sekilas nama destinasi wisata ini memang terdengar cukup unik bukan? Nah, sesuai dengan namanya, destinasi ini terdiri dari gugusan batu kapur atau karst yang runcing.

Berlatarkan panorama alam nan memikat, sekilas Bukit Batu Runciang ini mirip latar zaman purba.

Menjadi salah satu destinasi wisata dengan lanskap Instagramable, tak heran jika banyak warga lokal hingga turis datang ke Bukit Batu Runciang untuk berfoto-foto.

Bikit Batu Runciang. (Instagra/@riesfhandika)

Tak hanya eksotis, Bukit Batu Runciang ini juga menawarkan sisi misterius di dalamnya. Siapa sangka jika di sekitar Bukit Batu Runciang ini ditemukan sejumlah tulang manusia.

Rupanya, Bukit Batu Runciang ini menghubungkan kawasan Padang Panjang dan Kayu Tanam. Kabarnya, dahulu terdapat kisah di mana orang-orang yang mendaki bukit tersebut mengalami kejadian tak mengenakan.

Bikit Batu Runciang. (Instagra/@runasyahelfitra)

Mereka yang hendak menuju ke Minangkabau dirampok hingga dibunuh. Korban yang dibunuh, pada waktu itu hanya ditinggalkan tanpa dikubur.

Jadi tak heran jika Bukit Batu Runciang ini juga memilii sebutan lain yakni Tambun Tulang.

Bikit Batu Runciang. (Instagra/@mezhary)

Untuk menuju Bukit Batu Runciang di kawasan Silungkang Oso ini, travelers hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menut dari Jalan Lintas Tengah Kilometer 20.

Karena jalannya sudah diaspal, jadi travelers sudah tak perlu khawatir lagi ya jika membawa kendaraan roda empat hingga dua untuk menuju ke Bukit Batu Runciang ini.

BACA SELANJUTNYA

Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung Menarik, Ajak Keluarga Libur Akhir Tahun ke Sini