Sabtu, 27 April 2024
Arendya Nariswari : Rabu, 30 Juni 2021 | 17:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Beberapa waktu lalu, seorang wanita asal Turki merayakan ulang tahun di usianya yang ke-119. Dilansir dari laman Daily Mail, nenek tersebut diketahui bernama Seker Aslan. 

Pada kue ulang tahunnya, Arslan terlihat merayakan ulang tahun ke-120. Ternyata nenek ini punya rahasia menu saraan yang menurutnya membuat panjang umur Arslan.

Namun, menurut SIM milik Seker Arslan, nenek ini lahir pada 27 Juni 1902 yang berarti dirinya baru berumur 119 tahun.

Seker Arslan adalah seorang nenek yang memiliki 6 orang anak dan 12 orang cucu. Sebelumnya, ibu Seker Arslan juga hidup hingga usia 110 tahun.

Menurut putrinya, Serap Yueksel, rahasia panjang umur Seker Arslan adalah rajin makan madu, mentega, dan keju setiap pagi. Kebiasaan tersebut sudah dilakukannya sejak lama.

"Mentega, madu, dan keju selalu ada di atas meja. Dulu ibu juga membuat yogurt sendiri. Dia masih makan telur rebus saat sarapan," jelas sang putri.

Seker Arslan, Wanita Tertua di Dunia Asal Turki (youtube.com/Demirören Haber Ajans)

Seker Arslan sendiri sebenarnya menderita penyakit Alzheimer. Meski begitu, kondisi fisiknya masih sehat hingga kini.

Di umurnya yang ke-119, Arslan tinggal bersama putri, menantu, dan kedua cucunya. Namun, nenek ini menyesal karena belum bisa memiliki cicit.

Enam bulan lalu, salah satu kerabat Arslan juga sempat dinyatakan positif Covid-19. Meski begitu, Arslan beruntung karena tidak tertular dan tetap sehat hingga sekarang.

"Terima kasih kepada Tuhan, aku bahkan tidak sakit. Aku juga tidak terkena virus corona," ungkap Arslan saat ulang tahun kemarin.

Sehari-hari, nenek 119 tahun ini menghabiskan waktunya dengan berdoa dan mengenang masa lalu. Arslan sudah hidup melewati Perang Dunia I dan II, pandemi flu Spanyol, Perang Dingin, dan kini pandemi Covid-19.

Seker Arslan, Wanita Tertua di Dunia Asal Turki (youtube.com/Demirören Haber Ajans)

Saat ini, otoritas di Turki sendiri sedang berusaha untuk memastikan tanggal lahir Seker Arslan sebelum mendaftarkannya untuk rekor dunia.

Terkini, rekor orang tertua di dunia dipegang oleh Kane Tanaka asal Jepang yang berumur 118 tahun.

Namun, jika tanggal lahir Seker Arslan sudah dikonfirmasi, nenek ini akan menggantikannya menjadi orang tertua di dunia karena lahir enam bulan lebih awal. (Suara.com/Amertiya Saraswati)

BACA SELANJUTNYA

Bikin Salut! Pria Ini Borong Semua Mi Goreng Dagangan Nenek di Jalan