Sabtu, 04 Mei 2024
Dany Garjito | Aditya Prasanda : Jum'at, 22 Februari 2019 | 10:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Beroperasi sejak tahun 2015, Henn-na Hotel, tempat penginapan unik di Jepang ini dinobatkan Guiness World Records sebagai hotel pertama yang didominasi pegawai robot.

Total, Henn-na Hotel memiliki 243 pegawai robot yang siap melayani para tamu dari proses check-in dan check out, menaruh barang di loker, mengangkut koper ke kamar bahkan membangunkan para tamu.

Bukan tanpa celah, keberadaan pegawai robot justru merepotkan para tamu alih-alih mengerjakan segala sesuatunya dengan lebih baik.

(Henn-na Hotel Official)

Tak sedikit yang mengeluhkan betapa tidak efisiennya resepsionis robot yang tak sanggup melakukan pekerjaan dasar seperti scanning paspor dan fotocopy paspor, padahal hal ini begitu dibutuhkan para wisatawan.

Tak hanya itu, robot pembawa koper pun hanya bisa mengjangkau lantai 24 dati total 100 lantai milik Henn-na Hotel.

Jauh lebih parah, laporan Cnet.com menyebut seorang tamu bahkan begitu terganggu saat Churi, asisten virtual yang disediakan di setiap kamar, tak dapat menangkap perintah dengan baik. Churi menganggap suara dengkuran tamu sebagai perintah dan menyalakan alarm hingga membuat para tamu terganggu.

(Henn-na Hotel Official)

Akibat sederet kesalahan teknis yang terjadi pada pegawai robot mereka, otoritas Henn-na Hotel memilih mengistirahatkan robot-robot tersebut.

Tak dapat dipungkiri, para tamu jauh lebih senang berinteraksi dengan manusia untuk membantu segala hal kecil yang tak dapat dilakukan para robot.

BACA SELANJUTNYA

Potensinya Gede, Kunjungan Wisman Jepang ke Indonesia Terus Ditingkatkan