Rabu, 15 Mei 2024
Stephanus Aranditio | Amertiya Saraswati : Rabu, 08 Agustus 2018 | 20:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Darvaza Gas Crater adalah sebuah kawah berapi yang terletak di tengah-tengah gurun Karakum, Turkmenistan. Tempat ini dikenal sebagai sebuah objek wisata yang unik sekaligus misterius. Banyak yang menyebut kawah ini sebagai gerbang masuk menuju neraka. Bahkan, nama “Darvaza” pun berarti “gerbang” dalam bahasa Turkmenistan.

Namun, kenyataannya, fakta di balik fenomena kawah berapi ini sama sekali tidak berhubungan dengan hal-hal mistis atau seram. Dan yang pasti, Darvaza Gas Crater juga bukan benar-benar gerbang menuju neraka.

Yuk, kita simak bersama apa saja kebenaran di balik kawah berapi yang terkenal ini!

Darvaza Gas Crater, sebuah gerbang menuju neraka (thevintagenews.com)

Kawah ini memiliki lebar sekitar 70 meter dan kedalaman 30 meter. Wah, harus hati-hati nih kalau mau melihatnya dari dekat.

Saking tingginya temperatur di kawah ini, wisatawan hanya bisa berdiri di dekatnya selama beberapa menit saja, lho!

Darvaza Gas Crater, sebuah gerbang menuju neraka (thevintagenews.com)

Darvaza Gas Crater sebenarnya terbentuk akibat kecelakaan saat pengeboran. Para ahli geologi dari Soviet mengira tempat tersebut sebagai sumber minyak, sampai permukaan yang ada runtuh dan membentuk kawah besar.

Bukannya berisi minyak, kawah ini ternyata berisi gas metana yang bisa membahayakan nyawa hewan-hewan yang tinggal di gurun tersebut.

Akhirnya, mereka pun memutuskan untuk membakar kawah tersebut, dengan harapan gas metana yang ada akan terbakar habis dalam beberapa minggu.

Darvaza Gas Crater, sebuah gerbang menuju neraka (advantour.com)

Kawah ini mulai terbakar sejak tahun 1971. Artinya, api di Darvaza Gas Crater ini sudah menyala selama 47 tahun lamanya! Sampai sekarang pun, tidak ada yang tahu kapan api ini akan berhenti menyala.

Darvaza Gas Crater, sebuah gerbang menuju neraka (advantour.com)

Darvaza Gas Crater paling pas untuk dikunjungi saat menjelang matahari terbenam hingga malam tiba. Nah, setelah mengetahui fakta-fakta di atas, apakah kamu masih takut dengan gerbang menuju neraka ini?

BACA SELANJUTNYA

Saltdale, Kota Terabaikan yang Hancur Dimakan Garam