Kamis, 02 Mei 2024
Stephanus Aranditio | Amertiya Saraswati : Sabtu, 25 Agustus 2018 | 20:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Pernah mendengar nama Hagia Sophia? Barangkali, objek wisata yang terletak di Istanbul, Turki ini sudah tidak asing lagi bagimu.

Bangunan megah dengan arsitekturnya yang khas ini memang merupakan objek wisata yang ikonik di Turki sana.

Namun, tahukah kamu sejarah panjang di balik dinding, kubah, dan barisan pilar gedung ini?

Hagia Sophia yang saat ini digunakan sebagai museum sebenarnya bukan bangunan yang sama dengan Hagia Sophia yang pertama didirikan dulu, lho.

Dirangkum dari situs resmi Hagia Sophia, ayasofyamuzesi.gov.tr, bangunan ini awalnya diberi nama Megale Ekklesia yang berarti Big Church, sebelum diganti menjadi Hagia Sophia yang berarti ''Holy Wisdom''.

Sejarah Panjang Hagia Sophia (ayasofyamuzesi.gov.tr)

Hagia Sophia pertama didirikan pada tahun 360. Bangunan pertama ini bertahan selama 44 tahun lamanya sebelum habis terbakar akibat kerusuhan yang terjadi saat itu.

Setelah terbakar habis, Hagia Sophia mulai dibangun kembali pada tahun 415. Masih dengan struktur berbentuk basilika, bangunan ini kembali digunakan sebagai gereja.

Sayangnya, pada tahun 532, gereja Hagia Sophia kembali dihancurkan saat terjadi revolusi dan kerusuhan massal.

Sejarah Panjang Hagia Sophia (ayasofyamuzesi.gov.tr)

Butuh lima tahun bagi Hagia Sophia versi ketiga untuk kembali berdiri. Struktur Hagia Sophia yang kita kenal sekarang merupakan hasil kerja dari arsitek bernama Isidoros dan Anthemios.

Bisa dibilang, Hagia Sophia versi ketiga ini terlihat megah karena kaisar yang berkuasa saat itu meminta bahan-bahan terbaik yang bisa ditemukan dari kota-kota sekitar.

Tidak tanggung-tanggung, beberapa pilar yang ada di sini ternyata diambil langsung dari Mesir, lho! Totalnya, Hagia Sophia yang saat ini berdiri memiliki 104 pilar.

Sejarah Panjang Hagia Sophia (ayasofyamuzesi.gov.tr)

Bangunan ini lantas terus digunakan sebagai gereja, sampai Fatih Sultan Mehmed berkuasa di tahun 1453 dan menjadikannya sebagai masjid.

Masjid Hagia Sophia ini bertahan selama 482 tahun lamanya sebelum beralih fungsi menjadi museum dan objek wisata turisme.

Sejarah Panjang Hagia Sophia (ayasofyamuzesi.gov.tr)

Sebagai museum, Hagia Sophia merupakan atraksi wisata yang senantiasa menarik turis dari berbagai negara. Kabarnya, museum ini menyimpan beberapa bata dan bekas reruntuhan Hagia Sophia versi pertama dan kedua dulu, lho.

Bagaimana? Apa kamu tertarik untuk mengunjungi Hagia Sophia dan berfoto dengan latar belakang arsitekturnya yang megah dan bersejarah?

BACA SELANJUTNYA

Berlibur ke Turki, Paula Verhoeven dan Baim Wong Malah Berantem di Restoran