Kamis, 02 Mei 2024
Dany Garjito : Senin, 11 Maret 2019 | 12:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Nama Sri Dewi bisa jadi merupakan nama pasaran di Indonesia, tapi siapa yang menduga, Sri Dewi yang satu ini berasal dari Republik Suriname, sebuah negara yang terletak di Benua Amerika bagian Selatan.

Mengutip dari Wikipedia, berdasarkan sensus 2004, penduduk berdarah Jawa di Suriname sekitar 14,6 %. Tidak mengherankan jika masih banyak nama khas orang Jawa di Suriname, di mana dalam kesehariannya penduduk keturunan Jawa tersebut masih pula menggunakan bahasa Jawa yang dikenal dengan sebutan Jawa-Suriname.

Dan, tak mengherankan pula bila Miss Supranational Suriname 2019 ini masih begitu kental nama khas Jawanya, yakni Sri-Dewi Martomamat (22), yang mengaku berdarah Jawa tulen.

Sri Dewi, begitulah biasanya ia disapa, lahir di Paramaribo, Ibu Kota Republik Suriname pada 12 Nopember 1996. Ia lahir dari pasangan Alice Ronodiryo dan Sanimin Martomamat.

Kini Sri-Dewi tengah disibukkan dengan perannya sebagai Miss Tropical Beauties Suriname 2018. Karena perannya tersebut juga, ia akan melaju lebih jauh di gelaran Miss Supranational 2019 di Polandia mendatang.

Itu artinya, secara tidak langsung Indonesia akan mempunyai dua perwakilan, yaitu perwakilan resmi dari Indonesia, serta Sri-Dewi yang memiliki keterkaitan historis dengan Indonesia.

Lantas, cerita menarik apalagi yang diungkapkan Miss Supranational Suriname 2019, Sri-Dewi Martomamat kepada Suara.com? Baca di halaman selanjutnya.

BACA SELANJUTNYA

Duh! Sisca Kohl Buat Es Krim Pecel Lele, Warganet: Melawan Hukum Alam