Senin, 06 Mei 2024
Dany Garjito : Kamis, 24 Januari 2019 | 18:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Tak diduga ternyata warga China suka makan buah manggis asal Sukabumi Jawa Barat. Hal tersebut dibuktikan dengan angka volume ekspor buah manggis yang terus meningkat.

Bahkan dikabarkan, ekspor buah manggis asal Sukabumi paling banyak masuk ke China dibandingkan buah manggis asal negara lain di Asia Tenggara.

Sentra manggis di Sukabumi antara lain ada di Kecamatan Cikembar, Cicantayan dan Gunungguruh. 

Pada musim panen seperti rata-rata setiap harinya ekspor untuk ke China saja biasanya mencapai 10-15 ton, bahkan jika di puncak musim panen jumlah ekspornya bisa lebih melonjak.

Permintaan ekspor dari China selalu tidak terbatas seberapa banyak manggis yang dikirim akan diterima, apalagi mendekati Imlek.

China menjadi salah satu negara yang paling banyak meminta pasokan manggis dari Sukabumi karena buah ini dianggap buah terbaik untuk sesaji.

Untuk harganya pun fluktuatif, tapi bisa dikatakan standar. Tetapi, jika permintaan melonjak ditambah pasokan manggis dari negara lain ke China sedikit atau terbatas maka harganya melonjak bisa mencapai Rp 50 ribu/kg.

Untuk kualitas manggis yang diekspor tentunya harus super, seperti tidak ada bercak dibuah, tangkai buah harus ada, serta daun buah yang jumlahnya empat tidak boleh ada yang tercabut dan kering. (Antara)

SUARA.com/Iwan Supriyatna

BACA SELANJUTNYA

Harga Promo Kereta Cepat Whoosh Naik Jadi Rp200 Ribu, Tak Berlaku untuk Waktu Ini